Optimilasi Pariwisata Kalimantan Barat untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

PONTIANAK I Detikkasus.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes membuka secara resmi kegiatan Peningkatan dan Pengembangan Pemasaran Pariwisata melalui Calender of Event Kalimantan Barat Tahun 2023 yang dihadiri Para Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat di Hotel Mahkota Pontianak, Rabu (19/10/2022).

Dalam kegiatan ini juga akan menjaring event-event wisata dan budaya serta ekonomi kreatif yang diusulkan Kabupaten/Kota untuk menjadi event -event unggulan Kalimantan Barat selama satu tahun kedepan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes. juga menyampaikan bahwa di Kalimantan Barat ini sudah cukup menarik perhatian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

“Jadi Pak Menteri Sandiaga Uno itu sering kesini (Kalimantan Barat). Kalimantan Barat kini sudah menarik perhatiannya dan ada beberapa daerah yang pariwisatanya sangat bagus dan kesempatan saat inilah kita mengundang beliau untuk datang, dengan kedatangan beliau nantinya kita juga berharap membawa bantuan untuk kita (Pemprov Kalbar) dan Pariwisata di Kalimantan Barat,” ungkap Harisson.

Saat ini pemprov kalbar mengambil langkah untuk mengekspos tempat wisata yang berada di wilayah Kalimantan Barat melalui foto dan video serta narasi yang menarik kemudian dikirim ke Kemenparekraf RI serta membuat event pariwisata yang menarik sehingga diharapkan berdampak positif dan mampu menarik wisatawan baik lokal maupun internasional. Hal Ini dapat dilihat dari peningkatan kunjungan wisata ke Indonesia khususnya Kalimantan Barat.

“Jadi kesempatan kita untuk mengaktifkan pariwisata minimal penduduk kita tidak keluar negeri dan mereka bisa berkunjung di tempat pariwisata yang kita punya. Kemudian nantinya Pemerintah akan memfasilitasi event-event untuk menarik minat para wisatawan,” jelas Harisson.

Kemudian untuk tempat wisata yang di daerah pedesaan yang memiliki danau dan sebagainya diharapkan menggeliatkan semangat UMKM misalnya dengan membuat warung kecil yang menjual makanan dan lainnya sehingga dapat membangkitkan perekonomian masyarakat dilingkungan sekitar tempat wisata tersebut.

“Dengan menjual makanan instan, air mineral maka akan ada perputaran ekonomi disana dan ada penghasilan untuk penduduk masyarakat di tengah ancaman resesi global kedepan. Jadi penting sekali kita terus memacu pariwisata maupun ekonomi kreatif di level-level rumah tangga kedepannya,” harap Sekda.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP., M.Si. menyampaikan bahwa pelaksanaan persiapan rencana. Calender of Event ini nantinya akan disampaikan kepada Kemenparekraf RI.

“Untuk hari ini diminta Bapak Ibu yang hadir sebagai peserta untuk serius dalam melaksanakan pemaparan. Kalender event Kalimantan Barat tidak hanya dicetak dalam bentuk buku namun juga yang secara elektronik didalam aplikasi QR Code yang telah kita sebarkan di pintu-pintu masuk wisata seperti Bandara, Pos lintas batas di perbatasan maupun di hotel-hotel yang ada di Kalimantan Barat,” ungkap Kadisporapar Prov Kalbar.

( Hadysa Prana )

Sumber : Biro Adpim Setda Prov Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *