Gubernur Ikut Jalan Sehat Kebangsaan bersama Ribuan Warga Kalbar

Pontianak I Detikkasus.com – Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, SH, M.Hum melepas dan ikuterta langsung kegiatan Jalan Sehat Kebangsaan yang dilaksanakan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat yang megikutsertakan 24 etnis yang ada di Kalbar,minggu 21 /08/22.

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta ini semagkin semarak ketika diawali dengan pemyerahan 24 Bendera Merah Putih kepada Ketua-ketua Ortganisasi Adat dan Budaya dari 24 Etnis tersebut dan kemudian membawa berjalan mengikuti rute yang telah di tentukan panitia.

Selain Gubernur Kalbar, Tampak Juga Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan, SH, Ketua PMP Kalbar, H Sukiryanto, Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Drs Hermanus, M.Si, Ketua MABM Kalbar, Prof H Chairil Efendy, MS, Ketua Kerabat, Perwakilan Kodam XII/TPR, Perwakilan Danlanud Supadio, Danlantamal XII, Perwakilan Polda Kalbar, Perwakilan Bank Kalbar.

Selain itu tampak semua Ketua-ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat yang megikutsertakan 24 etnis yang ada di Kalbar.
Dalam sambutanya Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar, H Sukiryanto mengatakan bsahwa PMPO adalah organisasi masyarakat sebagai wadah berkumpulnya semua organisasi adat yang tidak hanya bicara soal adat budaya saja akan tetapi sosial kemasyakaratan serta pembangunan IPM masyarakat Kalbar.
“Kegiatan hari in i adalah puncak kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang Ke-77 yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar, selain sebagai wadah suilahturahmi juga sebagai wadah menjaga persatuan dan keastuan bangsa dalam mewujudkan IPM dan turut serta dalam pembangunan daerah ini,” jelas H Sukiryanto.

H Sukiryanto juga mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun, hal ini bertujuan untuk terus merawat serta menjaga persatuan dan kesatuan dan memeriahkan hari-hari bersejarah nasion al di Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, SH, M.Hum mengaprtesiasi apa yang telah drilakukan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar yang terus menbantu pemerintah dalam menjaga serta merawat keberagaman khususnya di Kalimantan Barat serta turut serta dalam upaya peningkatan IPM di Kalbar.
“Bapak Ibu jangan Salah, PMP ini bukan Pendidikan Moral Pancasila, tetapi Perkumpulan Merah Putih Kalimantan Barat, kepanjangan beda tapi tujuannya sama bagaimana menjaga serta merawat keutuhan bangsa dengan tetap menjaga Persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap H Sutarmidji.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kalbar menyampaikan menyampaikan kebanggannya PMP ini meski berbeda Etnis, Agama dan budaya bisa menyatu dalam satu wadah organisasi sehingga bisa menjaga terus keharmonisan serta hubungan yang tergabung di 24 etnis di kalbar ini.
“PMP ini luar biasa meski berbeda Suku, Agama dan budaya tetapi tetap bisa me njalin silahturahmi dengan baik, dan itulah harapan kita semua, silahturahmi dan kmonukasi dengan baik dan tidak memperdebatkan hal-hal sepele yang malah tidak produktif,” ujarnya.

Gubernur Kalbar juga menyampaikan harapanya kepada PMP dan seluruh Masyarakat Kalbar untuk terus mendukung Pemerintah Provinsi dalam membangu Kalimantan Barat lebih baik, meskipun dengan keterbatasan anggaran serta hal lainya dalam membangun daerah ini.
“Kami mohon dukungan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Kalimantan Barat ini, saya bersama Wakil Gubernur dan seluruh jajaran berkomitmen terus berbuat yang terbaik agar daerah kita i ni terus maju,” uajarnya.
Seusai memberikan sambutan Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, SH, M.Hum didampingi Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan, SH, Ketua PMP Kalbar, H Sukiryanto, Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Drs Hermanus, M.Si menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Ketua-ketua Organisasi adat dari 24 Etnis sebelum melakukan Jalan Sehat Kebangsaan.
Kegiatan Jalan Sehat Kebangsaan tersebut dilepas langsung Gubernur Kalbar yang kemudian langsung mengikuti jalan Sehat tersebut dengan diikuti seluruh undangan dan ribuan peserta denagna rute, Stadion Sutan Sy Abdurahman ke Jalan A Yani menuju belokan depan Masjid Mujahidin ke arah Tugu Degulis Untan dan kembali lagi Stadion Sutan Sy Abdurahman.
Jalan Sehat Kebangsaan menyediakan hadiah utama 2 unit sepeda motor dan ratusan hadiah hiburan lainnya, dan dari undian utama tersebut diperoleh emak-emak yang mengikti kegiatan mesti diguyur hujan tetapi tidak menyusutkan semangat meraka dan akhirnya wraga Dananu Sentarum Pontianak atas nama Sri dan warga Jl Komyos Sudarso atas nama Septi Maulina berhasil membawa pulang sepeda motor hasil undian Jalan Sehat Kebangsaan yang dilaksanakan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat. (Hadysa Prana)

Sumber : Humas PMP Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *