Dankolatmar Secara Resmi Membuka Kursus Calon Komandan Batalyon dan Calon Perwira Perwira Embarkasi Korps Marinir

  • Whatsapp

Detikkasus.com | Surabaya

Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E secara resmi membuka Kursus Komandan Batalyon (Susdanyon) dan Kursus Perwira Embarkasi (Sus Pa Em) di Lapangan Apel Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat) Gunungsari Surabaya, Selasa (08/06/2021).

Kedua program Kursus yang diselenggarakan Komando Latih Korps Marinir tersebut akan berlangsung selama satu bulan dan diikuti oleh 36 orang peserta terdiri dari 14 personil Sus Danyon dan 22 personil Sus Pa Em.

Dalam amanatnya Dankolatmar mengatakan, Kursus Danyon merupakan sistem pembinaan karir yang dilaksanakan secara berlanjut dan berkesinambungan dalam rangka mendukung optimalisasi kinerja organisasi.

Untuk mewujudkan hal tersebut dalam penempatan jabatan perwira Korps Marinir diperlukan suatu sistem, metode/prosedur yang tepat agar diperoleh pengawak organisasi yang mempunyai moral, kompetensi, profesional dalam jabatan serta mempunyai inovasi inovasi baru, sehingga organisasi dapat berkembang dan berjalan dengan dinamis menuju suatu kemajuan organisasi/satuan yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Susdanyon akan belajar tentang operasi amfibi, opsrat darat, hukum, psikologi dan pengetahuan staf setingkat Batalyon serta uji kompetensi sebelum menempati jabatan komandan batalyon.

Sedangkan Kursus Perwira Embarkasi Korps Marinir untuk membekali para perwira agar dapat melaksanakan tugas pokok sebagai perwira embarkasi yang mampu menguasai dan teliti serta perhitungan yang matang terhadap material yang akan dimuat sesuai dengan ruang-ruang kapal/pesawat, sehingga nantinya pada saat pembongkaran /debarkasi dapat dengan mudah dan lancar.

“Komandan Batalyon dan Perwira Embarkasi sangat berkaitan sebagai pemimpin di satuan dan perwira embarkasi merupakan ujung tombak satuan dalam penugasan maupun di dalam basis,” jelasnya.

Keberhasilan kursus sangat ditentukan oleh bagaimana peserta dapat menyerap materi yang diberikan oleh para instruktur/pelatih, memelihara dan meningkatkan profesionalisme dalam rangka menunjang tugas pokok prajurit Korps Marinir.

” Tidak semua Perwira bisa mengikuti kursus ini, seraplah ilmu yang diberikan oleh para Instruktur dengan serius, teliti, akurat dan jangan sia-siakan kesempatan, seraplah semua ilmu yang diberikan oleh para instruktur atau pelatih sehingga tercapai sasaran dan tujuan proses pembelajaran ini,” pesannya.

Selama upacara berlangsung tetap mengedepankan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 dengan selalu memakai masker dan Physical Distancing.

*Dispen Kormar Surabaya

(A.R)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *