Welcome Dinner PTM BIMP EAGA ke-25

Pontianak I Detikkasus.com – Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bersama istri, Ny. Hj. Lismaryani dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar dr. Harisson, M.Kes., bersama Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si. menghadiri jamuan makan malam (welcome dinner) bersama para tamu dari empat negara yang tergabung dalam BIMP-EAGA di Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Kamis malam (24/11/2022).

Adapun menu makan malam yang disajikan bagi para tamu dari empat negara tersebut terdiri dari menu-menu khas Kota Khatulistiwa seperti masakan ikan kakap asam pedas, ikan kakap rujak, capcay dan lainnya.

Acara tersebut diawali dengan pemutaran video promosi Kota Pontianak sebagai barometer Ibukota Provinsi Kalimantan Barat dan dilanjutkan dengan penampilan Tidayu Dance (Tarian khas 3 Etnis Kalbar) yang memukau para tamu yang hadir.

Sebagai informasi agenda BIMP-EAGA ke-25 ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Pertemuan yang mengangkat tema “Supporting Competitiveness, Climate Resilience” ini, sejalan dengan prioritas yang diusung oleh Indonesia dalam Presidensi G20 Tahun 2022 dan dilanjutkan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN Tahun 2023 yaitu Sustainability.

Keketuaan Indonesia dalam BIMP-EAGA juga mengambil peran besar dengan upaya revitalisasi Forum Gubernur, Menteri Besar dan Kepala Daerah BIMP-EAGA (CMGLF) yang sudah vakum selama 14 Tahun atau sejak pertemuan terakhir pada Tahun 2008 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Terdapat beberapa pertemuan penting yang termasuk dalam rangkaian BIMP-EAGA ke-25 kali ini yaitu antara lain, pertemuan Sekretariat Nasional, Forum Pengusaha, Pertemuan Pejabat Senior, Pertemuan Gubernur dan Kepala Daerah, Business Forum, dan diakhiri dengan Pertemuan Tingkat Menteri.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengungkapkan kebanggaannya dan sebuah kehormatan bagi Kota Pontianak dapat menjadi tuan rumah perhelatan besar PTM BIMP-EAGA ke-25 Tahun 2022.

“Kami bersyukur bisa duduk bersama dan menikmati makan malam kali ini, dengan tamu undangan sekalian secara tatap muka, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Pontianak, saya ucapkan selamat datang di Kota Khatulistiwa, Pontianak,” ujarnya dengan menggunakan berbahasa Inggris di hadapan para tamu undangan.

Kepada para tamu, ia memaparkan kondisi geografis Kota Pontianak serta kehidupan masyarakatnya. Sungai Kapuas menjadi ikon bagi Ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini yang menawarkan kehidupan sungai yang menarik dan unik untuk dapat dinikmati sebagai tujuan rekreasi para pengunjung.
Mengalir dari hulu, hingga ke hilir, memberi penghidupan bagi masyarakat yang dilaluinya.

“Anda dapat berjalan di promenade, menyusuri sungai dengan kapal wisata melihat kehidupan masyarakat tepian sungai, mempelajari sejarah Pontianak di Kesultanan Kadriyah dan Masjid Agung Jami serta menikmati masakan khas kota ini,” ajak pria kelahiran Pontianak ini.

(Hadysa Prana)

Sumber : Biro Adpim Setda Prov Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *