Wagub Jatim Kunjungi Anjungan Cerdas Tugu Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK I detikkasus.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak didampingi Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin serta beberapa pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengunjungi Anjungan Cerdas yang berada di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Rabu (29/9/2021).

Selain meninjau tempat yang digadang-gadang sebagai area wisata baru itu, kedatangan para pejabat itu dalam rangka serah terima bangunan Anjungan Cerdas dari Kementerian PUPR ke Pemprov Jatim.

Emil yang merupakan mantan Bupati Trenggalek, mengaku senang pengisian awal waduk atau impounding Bendungan Tugu sudah dimulai beberapa waktu lalu.

Dari awal, menurut Emil, pembangunan Anjungan Cerdas merupakan salah satu contoh upaya pengembangan wilayah di sekitar Wilis.

Makanya, lokasi pembangunan area peristirahatan itu diposisikan bersebelahan dengan Bendungan Tugu. Tujuannya agar Anjungan Cerdas memiliki nilai jual berupa panorama yang menghadap langsung ke arah bendungan.

“Ini diharapkan bisa menjadi destinasi wisata di wilayah sekitar Wilis,” ujar Emil.

Dalam kunjungan itu, Emil juga mengajak beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim datang ke Anjungan Cerdas. Karena anjungan itu akan dikelola pemprov, para pejabat itu diminta untuk mendorong potensi yang ada di tempat itu.

“Kami juga hadir full team, termasuk dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, yang rencananya akan menjadi dinas pengelola kawasan ini atas amanah dari Kementerian PUPR dan juga persetujuan dari Pak Bupati,” sambung dia.

OPD yang lain yang turut hadir adalah Dinas Koperasi dan UMKM Jatim. Emil mengajak pejabat dinas tersebut agar mereka bisa menjadikan Anjungan Cerdas sebagai pengungkit ekonomi bagi UMKM sekitar.

“Dari sisi administratif ada BPKAD dan Bakeuda yang khusus hadir untuk memastikan kelancaran serah terima aset dari kementrian ke pemerintah provinsi. Kami ingin ini bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” tutur Emil.

Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrasturktur Wilayah Kementerian PUPR, Rezeki Paranginangin berharap, bangunan Anjungan Cerdas bisa memicu kawasan ekonomi di Kabupaten Trenggalek.

“Memang dipilih menjadi fasilitas di jalan nasional. Kemudian, dikombinasikan agar bisa menangkat wilayah,” kata Rezeki.

Selain Rezeki, pejabat Kementerian PUPR lain yang turut hadir adalah Widyaiswara Ahli Utama Kementerian PUPR Achmad Hermanto Dardak.

Sekadar untuk diketahui, Anjungan Cerdas bukan sekadar tempat peristirahatan dengan pemandangan Bendungan Tugu. Anjungan ini memiliki enam klaster yang meliputi klaster kuliner, kesenian dan budaya, argo dan maritim, wisata, industri kreatif, dan layanan.

Klaster-klaster itu menjadikan Anjungan Cerdas sebagai tempat wisata yang serba ada dan serba lengkap.(Adv/Adi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *