Usainya Terlaksana Bangunan Gedung BSI Desa Gampong Bundar Karang Baru Masih Di Ragukan Perencanaan

Perhitungan Struktur Anti Gempa Berlantai 3.

Dir-Krimsus Polda Aceh, Minta Usut Hasil Perencanaan Pembangunan Gedung BSI, Dan Kepemilikan Dokumen Perhitungan Struktur Anti Gempa Berlantai 3.

Aceh Tamiang |Detikkasus com – Usainya terlaksana bangunan gedung bank syariah Islam (BSI), yang berlokasi tepatnya. Di desa gampong bundar atau berdekatan dengan kompi senapan A raider khusus 111 kecamatan karang baru pemerintahan kabupaten (pemkab) aceh tamiang, masih saja dugaan di ragukan dalam perencanaan perhitungan struktur anti gempa berlantai 3.

Diduga sampai saat ini, masih tanda tanya secara publik. Yang usainya setelah terbangun dan juga usainya di resmikan, pembangunan bangunan gedung BSI yang dikerjakan pada tahun 2023 lalu. Sesuai adanya peraturan pemerintahan (PP) nomor 16 tahun 2021, paragraf tiga (3) pasal 27-28 & pasal 29 poin 1, 2. 3, sampai sampai dengan delapan (8). (Perencanaan struktur harus dilakukan dengan perhitungan mekanika teknik) menjelaskan, tentang struktur bangunan dan lain-lain.

Sesuai data petunjuk tentang perhitungan struktur, yang dua lantai tersebut. Dengan secara perhitungan uraian singkat sebagai contoh, adalah. Cover pengantar laporan perhitungan struktur, perencana pembangunan gedung.Yaitu, indek. Judul,1.Data perencanaan kontruksi beton, nomor dokumen.Note/ts/01, 2. Input dan output data, nomor dokumen.Note/ts/03. 3, kontrol tebal plat.Nomor dokumen, btn/sksni/ts/01. 4, penulangan plat lantai.Nomor dokumen, btn/sksni/ts/02-1.

5, penulangan plat lantai (tabel cur).Nomer dokumen, btn/sksni/ts/02-2. 6, tabel penulangan plat. Btn/skani/ts/02-3, 7.Tabel penulangan plat (tabel cur), nomor dokumen. Btn/sksni/ts/02-4, 8.Tabel penulangan longitudinal balok, nomor dokumen. Btn/sksni/ts/03-1, 9.

Tabel penulangan geser balok, nomor dokumen. Btn/sksni/ts/04-1. 10, penulangan kolom. Nomor dokumen, btn/pbi&sksni/ts/05. 11, tabel penulangan kolom. Nomor dokumen, btn/pbi&sksni/ts/05-1.12, penulangan pile cap.Nomor dokumen, btn/sksni/ts/06.13, penulangan tangga.

Nomor dokumen, bts/sksni/ts/07.14, pondasi telapak. Nomor dokumen, btn/sksni/ts/08-1. 15, daya dukung tiang pancang.Nomor dokumen, btn/sksni/ts/08-2.16, konsol pendek.Nomor dokumen, btn/sksni/ts/09.

Seharusnya, pada sebelumnya melakukan perencanaan pembangunan gedung BSI itu dengan pihak panitia anggaran dana tersebut, seharusnya dipikirkan secara matang-matang, yang diduga tidak adanya dokumen perhitungan struktur bangunan yang jenis tiga (3) lantai itu.

Kenapa harus disebut, atau harus diciptakan adanya dokumen perhitungan struktur bangunan tiga lantai. Dengan mengantisipasi adanya pada cuaca extrim, seperti adanya gempa bumi.

Maka pihak publik harus mengetahui daya berat beban mati dan daya berat beban hidup di bangunan gedung berlantai 3 BSI desa bundar kecamatan karang baru itu, jadi kalau tidak ada perhitungan struktur bangunan gedung berlantai 3 tersebut. Apakah tau daya berat beban mati dan daya berat beban hidup, dibangunan gedung BSI yang usainya terbangun saat digunakan nantinya.

Salah satu contoh, misalnya. Adanya extrim cuaca atau terjadinya pada alam gempa bumi, bangunan gedung BSI itu. Dugaan terjadi adanya roboh dan ambruk, tidak jelas perhitungan strukturnya. Siapa yang akan bertanggung jawab dalam hal itu, apakah pihak panitia perencana atau konsultan bangunan gedung BSI itu mau bertanggung jawab.

Ketika kalangan sejumlah wartawan media online di aceh ini, menerima himpunan informasi dari team ahli bidang dokumen anti gempa untuk gedung bangunan yang mulai berlantai dua dan tiga tersebut, sebagai nara sumber yang enggan namanya mau di sebutkan secara publik.

Menjelaskan, “bangunan gedung berlantai dua serta tiga itu. Seperti juga harus memiliki struktur, yaitu. Plat perhitungan, salah satu contoh adalah. Konsep dasar perencana struktur.1, dasar-dasar peraturan perencanaan. 2, mutu bahan.3, penyelidikan tanah. 4, pembebanan. 5, analisa struktur. 6, perencana elemen struktur”. Ujarnya demikian, dini hari sabtu 06/04/2024 sekitar pukul.13.30.wib.

Masih lanjutan cerita team ahli dokumen perhitungan struktur anti gempa, namun. Pihak panitia perencana bangunan gedung berlantai 3 BSI itu, di desa gampong bundar kecamatan karang baru kabupaten aceh tamiang provinsi aceh. Dugaan hari ini tidak memiliki, diduga pihak panitia perencana pembangunan gedung BSI itu.

Menggunakan anggaran dana persero badan usaha milik negara (BUMN) tersebut, sampai saat ini belum melengkapi dokumen perhitungan struktur bangunan dua lantai, dengan berat beban hidup dan beban mati.

Bukan asal jadi direncanakan saja, hanya mengejar persen, sewaktu dimasa tahap pembangunan gedung BSI yang berlantai 3 itu. Yang juga, harus dicapai. Tetapi harus juga dipikirkan daya berat beban bangunan yang berdua serta tiga lantai tersebut, dikarenakan di pada musim extrim ini. Cuaca alam, yang tidak bisa kita tebak-tebak, maka sebelum dilakukan harus secara perencanaan dengan matang.

Maka dari itu, pihak pemerhati pengamat pemantau publik di provinsi aceh. Direktorat kriminal khusus (dir-Krimsus) kepolisian daerah (polda) provinsi aceh, minta usut hasil perencanaan pembangunan gedung BSI desa gampong bundar kecamatan karang baru kabupaten aceh tamiang. Dan kepemilikan perhitungan struktur anti gempa berlantai 3 itu, yang kini telah usai terbangun serta juga kini telah diresmikan.

Menurut dari pihak pemerhati pengamat pemantau publik di provinsi aceh, bung karo-karo. Terpantaunya kemarin, 04 april tahun 2024 beberapa hari yang lalu. Hasil yang telah dikerjakan pembangunan gedung BSI itu, kini telah di resmikan. Yang sungguh sangat di khawatirkan secara publik, diduga status dokumen perhitungan struktur anti gempa gedung pembangunan BSI tersebut. Dugaan sampai saat ini masih tanda tanya oleh publik, “dengan harapan saya. Selaku, dari pemerhati pengamat pemantau publik. Agar dapat mengusut status dokumen perhitungan struktur anti gempa berlantai dua dan tiga, diduga sesuai ada yang sempat pernah dilakukan pemberitaan secara publik. Berjudul, diduga bangunan gedung BSI berlantai 3. Struktur anti gempa di pertanyakan secara publik, terbitan pada tanggal 14 desember 2023 tahun lalu.

Parahnya lagi, kalangan sejumlah wartawan media online di aceh ini. Yang sempat pernah dilakukan konfirmasi jafrian ke selular whatsappnya, dengan pihak pengawas pembangunan proyek gedung BSI pada masa itu. Sebutan panggilan, “andree”. Pada hari selasa 12/12/2023 sekitar pukul.15.30.wib. Tentang status anti gempa, namun dirinya sebutan “andree” tersebut. Diduga tidak ada balasan serta jawaban apa pun darinya itu, terkesan pula membungkam”. Tuturnya, bung karo-karo. Dini hari minggu 07 april 2024, sekitar pukul.11.31.wib.

Bung karo-karo, selaku pemerhati pengamat pemantau secara publik di aceh. Menambahkan kembali, usainya terbangun serta usainya diresmikan pembangunan gedung bangunan BSI yang berlokasi di desa gampong bundar kecamatan karang baru kabupaten aceh tamiang itu. Pihak APH daerah provinsi aceh, jangan tinggal diam saja. Mengantisipasi ada gangguan alam dunia, diduga bila tanpa adanya dokumen struktur anti gempa. Tanpa adanya tercipta sudah berapa besar anggaran dana persero badan usaha milik negara (BUMN), bila bangunan gedung BSI tersebut roboh. Pungkasnya, kembali menegaskan.

(Jihandak Belang/Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *