Tuban Targetkan Vaksinasi Covid-19 Rampung Maret

oleh -

Detikkasus.com | Tuban – Jatim

Vaksinasi Covid-19 tahap dua di Kabupaten Tuban kembali ini. Kali ini menyasar pekerja publik (TNI, Polri, Satpol PP dan Aparatur Pemkab), yang diawali oleh seluruh personil Satpol PP Kabupaten Tuban di Gedung Korpri Kabupaten Tuban, Rabu (24/02/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, dr. Bambang Priyo Utomo saat dikonfirmasi menyatakan vaksinasi tahap kedua disiapkan 8.370 dosis dengan sasaran aparatur, profesi pelayanan publik, pedagang, perkantoran, dan pers.

“Selanjutnya akan dijadwalkan tanggal dan lokasi pelaksanaan vaksinasi,” katanya.

Guna menyukseskan vaksinasi, Dinkes Tuban telah menambah tenaga vaksinator dengan melibatkan rumah sakit dan klinik swasta. Tenaga kesehatan yang dilibatkan pada vaksinasi telah mengikuti pelatihan.

Ditargetkan pada vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kabupaten Tuban dapat diselesaikan pada pertengahan Maret 2021. Selanjutnya, akan disusun vaksinasi untuk Lansia dan vaksinasi tahap ketiga dengan sasaran masyarakat umum.

Terdapat beberapa kelompok lansia yang tidak dapat menerima vaksin Covid-19 utamanya mereka yang memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit ini yaitu hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal.

Kadinkes Tuban juga menambahkan pasca pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap 1 belum ada laporan terkait Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Seluruh proses vaksinasi Covid-19 tahap kedua mematuhi protocol kesehatan dan sesuai aturan yang berlaku.

Selain di Gedung Korpri Tuban, juga dilaksanakan vaksinasi untuk personil Polres Tuban bersamaan dengan peresmian Klinik Polres Tuban.

Sebanyak 885 personil akan divaksin secara bertahap. Proses vaksinasi diawali jajaran perwira Polres Tuban yang selanjutnya disusul personil di tingkat Polsek se-Kabupaten Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengungkapkan pembangunan Klinik Polres Tuban mendapatkan hibah dari Pemkab Tuban kurang lebih mencapai 2 miliar dan telah memenuhi persyaratan medis yang diperlukan.

Pembangunan klinik ini sangat diperlukan, utamanya pada masa Pandemi Covid-19. Sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi anggota Polres Tuban dan keluarga serta warga sekitar.

“Ini menjadi motivasi tersendiri bagi personil untuk bekerja dengan lebih optimal,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengapresiasi atas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan pembangunan Klinik Polres Tuban. Koordinasi antara Pemkab Tuban dan Polres Tuban terjalin sangat erat dan kompak.

“Sinergitas yang terjaga menunjang pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Keberadaan Klinik Polres Tuban serta sejumlah fasilitas penunjang lainnya kian memudahkan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu, keberadaan klinik mampu meningkatkan kualitas kesehatan anggota polres.

“Kami berharap, jajaran Polres Tuban dapat semakin maju, professional, dan mengayomi masyarakat di Kabupaten Tuban,” tutur Bupati Huda. (Imm/mct*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *