Tingkatkan Manajemen Pelayanan Publik, Kesbangpol Kabupaten Cirebon Gelar Sosialisasi SIORMAS

CIREBON I detikkasus.com— Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cirebon menggelar Sosialisasi/Bimtek Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan (SIORMAS), Jumat (14/6/2024).

Kegiatan sosialisasi/bimtek SIORMAS ini bertujuan untuk mendukung manajemen pelayanan publik dan tertib administrasi, sebagai sarana pembinaan dan partisipasi masyarakat untuk ikut serta memelihara, menjaga dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Dra. Hj. Ita Rohpitasari, MSi mengatakan, ormas memiliki peran dan fungsinya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Pada pasal 6 di Undang-Undang tersebut, ada tujuh peran dan fungsi ormas, seperti penyalur aspirasi, pemberdayaan masyarakat, pemenuhan pelayanan sosial dan lainnya.

“Saya berharap kepada ormas Kabupaten Cirebon sebagai
organisasi yang memelopori kesatuan, mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di Kabupaten Cirebon,” ucap Ita dalam sambutannya.

“Kemudian, ormas santun dalam bertindak dan berperilaku sesuai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila serta menerapkannya di berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ita menuturkan, pemerintah telah membuat SIORMAS yang merupakan perangkat untuk meningkatkan pelayanan publik dan tertib administrasi.

“SIORMAS meliputi data, informasi, sumber daya manusia, dan teknologi yang saling berkaitan, dan dikelola secara terintegrasi, sehingga ormas di Kabupaten Cirebon akan lebih optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” tutur Ita.

“Kedua, bagi Pemerintah Kabupaten Cirebon, manfaat
yang akan diperoleh dengan adanya SIORMAS adalah membantu mewujudkan kondisi yang lebih kondusif, terkait interaksi, baik antara organisasi kemasyarakatan dan masyarakat, investor dan pemerintah itu sendiri,” imbuhnya.

Ia memaparkan manfaat lainnya dari SIORMAS, seperti organisasi kemasyarakatan yang profesional dan akuntabel, dan manfaat bagi masyarakat sebagai pengawasan untuk mengontrol keberadaan ormas di Kabupaten Cirebon.

“Semoga dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini, organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Cirebon dapat mengelola data, informasi, sumber daya manusia, dan teknologi yang saling berkaitan, terintegrasi dan berguna untuk mendukung manajemen pelayanan administrasi publik,” jelas Ita.

Senada disampaikan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) dan Ormas Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Zamroni Alhadi SE, SIORMAS memiliki peranan penting bagi pelayanan publik, serta bisa dimanfaatkan sebagai media pelaporan kegiatan ormas.

“Di dalam SIORMAS, ada kegiatan apa saja yang telah dilakukan organisasinya. Artinya, bisa mengetahui ormas itu berjalan tidak, aktif atau tidak. Jadi harus disampaikan kegiatannya,” ucap Zamroni.

(Amy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *