Timpora Kabupaten Humbahas

Humbahas l Detikkasus.com – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Martogi Purba membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Humbang Hasundutan, 4 Juli 2024 di Ruang Pertemuan, Hotel Ayola Doloksanggul.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Martogi Purba menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Kementerian Hukum dan HAM RI dengan kehadiran dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar. Kehadiran Bapak/Ibu tentu membawa dampak positif terhadap masyarakat Humbang Hasundutan.

Kehadiran warga negara asing maupun investor asing disatu sisi memang dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. Namun demikian kita harus tetap mewaspadai dampak negatif yang mungkin timbul dari keberadaan dan kegiatan warga negara asing. Oleh karena itu, keberadaan warga negara asing perlu mendapat perhatian dari semua pihak maka untuk itu perlu koordinasi antar instansi terkait.

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) ini merupakan wadah tempat berbagi informasi sehubungan dengan lalu lintas keberadaan maupun kegiatan orang asing di Indonesia.

Dengan terlaksananya Rapat Koordinasi Timpora di Kabupaten Humbang Hasundutan ini diharapkan akan tercipta sinergitas dan kesamaan persepsi antar instansi sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
Kajari Humbang Hasundutan, Bapak Dr. Noordien Kusumanegara, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan menyambut baik kegiatan ini, dan berharap tidak hanya rutinitas tetapi bagaimana implementasi dikemudian hari.

Dalam rapat ini kita masing-masing menyampaikan saran dan pendapat, memberikan masukan yang positif untuk menyatukan derap dan langkah untuk pengawasan orang asing di Humbang Hasundutan.

Memang banyak kemudahan diberikan pemerintah dalam hal orang asing memberikan investasi di Indonesia. Investasi memberikan dampak positif bagi perekonomian di Indonesia, tetapi dengan kehadiran orang asing akan memberikan dampak negatif juga. Tugas kita sebagai Timpora untuk mengawasi dengan menyikapi lebih awal.

Tujuan Timpora ini adalah bagaimana menjaga kedaulatan dan menjaga keamanan Negara, kita jaga bersama NKRI.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar Yusva Aditya dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada peserta dalam mengemban Visi/ Misi instansi kita masing-masing dalam rangka pengawasan orang asing.

Pada kesempatan ini kita bisa menyamakan persepsi kita dengan kewenangan instasi kita masing masing dan tidak ada yang merasa lebih dalam kewenangan mengawasi orang asing. NKRI adalah harga mati dan menjadi solusi yang baik apabila sinergitas terjalin di antara kita.

Sementara itu dalam laporannya sebagai Ketua Panitia, Hidayat Tanjung menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakor Timpora ini bertujuan untuk memperkuat fungsi pengawasan orang asing dan juga untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Rakor ini menghadirkan pembicara Analis Keimigrasian Ahli Madya Kanwil Sumatera Utara Junior Manerep Sigalingging dengan Topik Pengawasan dan Keberadaan Orang Asing di Sumatera Utara, juga menghadirkan pembicara Kepala Seksi TIKim, Eka Satriawan.
Hadir pada rapat koordinasi ini, Forkopimda Kasi Intel, Gerry Anderson Gultom, S.H., M. H, mewakili Kapolres Humbang Hasundutan, Kasatpol PP Vandeik Simanungkalit, Kepala Kesbangpol Ferry J. Sitorus, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, OPD terkait, Camat, Depag, dan lainnya. (Evendy/dskmfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *