Tim Safari Ramadhan [Kontra Radikalisme] Polri Buka Puasa Bersama Tokoh Agama dan Masyarakat Kota Malang.

 

Polres Malang Kota, Polda Jawa timur, Detikkasus.com – Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH, pimpin Tim Safari Ramadhan [Kontra Radikalisme] Polri berkunjung ke Polres Malang Kota, Jawa Timur, Rabu (14-06-2017). Dalam kesempatan ini, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno bersama tim melaksanakan buka puasa bersama Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan, tokoh agama (Toga), serta tokoh masyarakat (Tomas) setempat.

Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, dalam sambutannya, mengajak para hadirin untuk sejenak membuka wawasan tentang betapa indahnya negara Indonesia dalam keberagaman. “Indonesia merupakan negara yang unik, karena memiliki berbagai perbedaan namun dapat tumbuh dalam suasana kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan saling menghormati,” katanya.

Hal tersebut, lanjut Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, merupakan buah pemikiran para “founding father” dalam merumuskan cara untuk mempersatukan berbagai perbedaan yang ada. Hingga pada akhirnya, keberagaman tersebut dapat dipersatukan dalam bingkai Pancasila. “Oleh karena itu, momentum ini harus dimanfaatkan untuk mempererat persatuan dan kesatuan yang belakangan ini mulai terkikis oleh berbagai isu, terutama terkait dengan intoleransi yang berlatar SARA, primordialisme berlebihan, dan radikalisme kekerasan,” tegas Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Menurut mantan Kapolda Metro Jaya ini, Indonesia yang mayoritas rakyatnya adalah umat Muslim, dapat menjadi kuat jika pemimpin agama dan pemimpin negara dapat beriring sejalan, bersatunya ulama dan umaroh. “Persatuan dan kesatuan bangsa adalah kunci utama dalam menangkal berbagai isu negatif yang berkembang belakangan ini. Tanpa rasa persatuan dan kesatuan tersebut, tentu soliditas kita sebagai satu kesatuan tidak akan pernah terbentuk,” tegasnya sekali lagi.

Rencananya, Tim Rayon I Safari Ramadhan [Kontra Radikalisme] yang diketuai Kabaharkam Polri ini, akan mengadakan road show ke beberapa wilayah di Jawa Timur. Setelah Polres Malang Kota, tim dijadwalkan berkunjung ke Polres Blitar, Polres Tulungagung, dan melakukan pengecekan persiapan pengamanan Mudik Lebaran 2017.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.