Terobosan Baru, Urus Paspor Kini Hanya Dua Hari

oleh -

PONOROGO I detikkasus.com – Inovasi baru terus dilakukan oleh Kantor Imigrasi kelas III non TPI Kabupaten Ponorogo, setelah melaunching layanan keimigrasian bagi orang yang sakit yaitu Emergency Service Pasport Immigration, kini Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo tersebut memberikan percepatan pelayanan bagi pemohon Paspor.

Menurut Kasubsi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo, Aprian Bayu Seta, SH yang menjelaskan bahwa pihaknya mempersingkat pembuatan paspor. ” Selama ini, proses pembuatan paspor memakan waktu hingga 3 hari setelah membayar baru jadi. Namun dengan penerapan aplikasi baru Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) versi 2 sejak tanggal 18 Maret 2019 dan pengoptimalan Sumber Daya Manusia yang ada, Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo membuat terobosan berupa pelayanan paspor dua hari jadi setelah membayar,” urai Aprian Bayu Seta.

Bayu, panggilan akrabnya juga menjelaskan bahwa pelayanan tersebut bisa dilakukan asalkan sistem yang ada berjalan normal dan lancar. “Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) masih baru dan terus disempurnakan, ada kalanya mengalami trouble dan menunggu selama proses maintenance. Hal ini bisa menyebabkan proses penyelesaian permohonan paspor bisa lebih dari dua hari seperti yang dijanjikan,” lanjut Bayu.

Kedepan, Bayu juga menjelaskan bahwa pelayanan percepatan pelayanan Keimigrasian akan terus dilakukan. ” Ini adalah komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.” Pungkasnya.

Sementara menurut salah seorang warga yang mengurus Paspor asal Kecamatan Jetis Ponorogo, Rohana, dirinya mengapresiasi dengan pelayanan dan kinerja yang diberikan oleh Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo. “Alhamdulillah, Dua hari setelah membayar paspor saya jadi mas. Ini tinggal mempersiapkan yang lain. Liburan sekolah ini, kami akan liburan ke Singapura. Pelayanan cepat ini sangat membantu saya dan keluarga, “ucapnya sambil menerima paspor dari petugas.

Reporter : Yahya
Editor : Anang Sastro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *