Terima Penghargaan Program OPOP dari Gubernur Khofifah, Wali Kota Komitmen Wujudkan Santri Entrepreneur

KOTA MADIUN I detikkasus.com – Prestasi kembali diraih Wali Kota Madiun Maidi. Orang nomor satu di Kota Madiun itu diganjar penghargaan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atas dedikasinya menyukseskan program One Pesantren One Product (OPOP).

Dalam kesempatan yang sama, gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada kepala daerah dan seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya OPOP tak terkecuali Wali Kota Madiun Maidi.

“Apa yang sudah dilakukan di daerah-daerah kami apresiasi. Kami mohon bisa terus berjalan dan semakin lebih baik,” kata Khofifah. Khofifah saat menyampaikan sambutan menutup OPOP Expo 2021, Minggu (28/11).

OPOP, lanjut Khofifah, bisa diintegrasikan dengan program penguatan ekonomi lainnya seperti yang dijalankan BI, OJK, dan pemerintah daerah. Digitalisasi yang semakin pesat juga harus dimanfaatkan untuk mendongkrak bisnis pesantren. “OPOP ini jembatan supaya pesantren menemukan market yang tepat dan lebih menjanjikan,” tuturnya.

Di Jawa Timur, banyak contoh pesantren yang telah sukses mengembangkan usaha mereka. Tugas kepala daerah membantu mengawal dan menguatkan program OPOP ini agar berjalan sukses di daerah masing-masing. “Banyak produk yang mungkin kita anggap sepele, ada di sekitar kita, tapi bernilai jual,” terangnya.

Wali Kota Madiun Maidi menyatakan kesanggupannya menyukseskan OPOP. Pemkot bakal terus mengkaji apa saja kebutuhan pesantren di Kota Madiun dalam mengembangkan bisnis mereka. Tak hanya bantuan sarpras, sederet pelatihan juga akan terus diberikan.

“Pemasaran juga akan kami bantu. Salah satunya, dengan menyediakan tempat-tempat berjualan yang strategis untuk produk pesantren,” tandasnya. (Diskominfo/fad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *