Talkshow, Dinkes Kenalkan Layanan Publik, Emergency Call Us PSC 119 Bojonegoro

Detikkasus.com | Bojonegoro – Radio Malowopati FM bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro melalui program Radio Talkshow edisi Jum’at (3/6/2022) mengajak masyarakat Bojonegoro untuk mengenal layanan publik “EMERGENCY? CALL US PSC 119 BOJONEGORO”. Dipandu penyiar Lia Yunita, siaran ini dapat diikuti secara live YouTube kanal Malowopati Radio dan interaksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.

Dr. Lucky Imroah (Dokter Konsultan PSC 119 Bojonegoro) menjelaskan PSC (Public Safety Center) 119 Bojonegoro adalah pusat komunikasi dan tim reaksi cepat pertolongan pertama pada kasus krisis kesehatan akibat bencana, kecelakaan kerja, kebakaran, dan kecelakaan lalu lintas. Tim bekerja sama dengan tempat pelayanan kesehatan darurat yang sesuai secara bertahap, yang ada di Kabupaten Bojonegoro sejak 2020. Kantor utama PSC 119 terletak di Dinas Kesehatan Jl. Panglima Sudirman No. 30.

“Layanan Siagabro PSC 119 adalah Sistem Pelayanan Gawat Darurat Bojonegoro dari PSC Bojonegoro yang merupakan Sistem Pusat Pelayanan yang menjamin akses masyarakat Kabupaten Bojonegoro dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medis dan merupakan ujung tombak pemberi pelayanan untuk mendapatkan respon cepat dan tepat selama 24 jam secara terus menerus kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutur dr. Lucky.

Menurut dr. Lucky, tujuan Siagabro PSC 119 adalah untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan medis, mempercepat waktu penanganan (respon time) pada korban/pasien gawat darurat, menurunkan angka kematian serta kecacatan.

Siagabro PSC 119 menangani kasus kegawatdaruratan seperti, kondisi tidak sadar, serangan jantung, kecelakaan lalu lintas, korban kebakaran, korban bencana alam dan lain-lain yang berhubungan dengan kasus kegawatdaruratan.

“Tim PSC 119 sudah terintegrasi dengan 35 Puskesmas dan 11 Rumah Sakit. Diharapkan layanan PSC 119 dapat menjangkau seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Bojonegoro,” tandasnya

Sementara itu Koordinator PSC, Abdurrohman, S.Kep Ns menjelaskan beberapa cara menghubungi PSC 119. Pertama, menghubungi nomor 08113-2277-119. Nomor tersebut dapat dihubungi melalui telepon seluler maupun WhatsApp. Kedua, dapat menggunakan aplikasi android Emergency Button Bojonegoro yang dapat diunduh melalui Play Store untuk HP Android, namun untuk iPhone sementara belum tersedia.

Setelah aplikasi diunduh, pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu sehingga aplikasi Emergency Button Bojonegoro dapat digunakan. Dengan cara menekan tombol emergency button selama 3 detik maka tim PSC 119 akan mendapatkan notifikasi. Langkah selanjutnya tim PSC 119 akan menelpon pelapor untuk memastikan kondisi korban.

“Jika korban dalam kondisi butuh pertolongan cepat, maka pelapor akan dibimbing untuk melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu sampai petugas PSC 119 tiba di lokasi kejadian,” terangnya.

Apabila masyarakat menelpon melalui jalur seluler/WhatsApp maka tim PSC 119 akan langsung datang untuk memastikan kondisi korban. Setelah tim PSC 119 sampai di lokasi maka tim mereka akan memeriksa kondisi korban dan mengkonsultasikan dengan dokter. Jika dokter menyarankan untuk merujuk ke fasilitas kesehatan, maka tim PSC 119 akan merujuk korban tersebut ke fasilitas kesehatan terdekat sesuai advis dokter.

“Pelayanan Siagabro PSC 119 ini gratis selama 24 jam dan tidak dipungut biaya,” pungkasnya.(imm)

Sumber: DinKominfoBojonegoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.