Sukseskan Pilkades Wagub Kalbar Juga Ingatkan Tekan Angka Stunting

Kayong Utara I Detikkasus.com – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H. membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kayong Utara dengan Tema “Kampanye Damai, Pilkades Selesai dan Pencegahan Stunting itu Penting” di Aula Rumah Dinas Bupati Kayong Utara, Sukadana, Kamis (6/10/2022).

Seperti kita ketahui ada 27 Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak di Kabupaten Kayong Utara, Wagub Kalbar berharap agar pemilihan Kepala Desa dapat berjalan dengan jujur, adil dan damai, sehingga menghasilkan kepala desa yang berkualitas untuk memimpin Kabupaten Kayong Utara di setiap desa.
“Kepala Desa adalah ujung tombak dari pada pemerintahan. Apabila di seluruh kepala desa di Kayong Utara ini baik kepemimpinannya, Insya Allah masyarakat akan lebih maju. Jadikan penghapusan kemiskinan ekstrem dalam agenda kampanye dalam mendukung upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kayong Utara yang juga merupakan program nasional saat ini”, ungkap Ria Norsan.

Disampaikannya, dalam penanganan kasus stunting Kabupaten Kayong Utara cukup baik dan saat ini berada pada urutan Ke 4 setelah Kota Singkawang, Kabupaten Ketapang dan Kota Pontianak.
“Angka prevalensi stunting Kabupaten Kayong Utara sebesar 24,5 persen, artinya cukup baik. Mudah-mudahan pada tahun 2024 target kita bisa tercapai agar dibawah nasional, yakni 13,94 persen,” jelas Wagub.

Dari aspek pendanaan, dukungan anggaran percepatan penurunan stunting tidak hanya bersumber dari anggaran yang ada di provinsi dan kabupaten, namun juga bersumber dari dana desa.
“Saya perlu mengingatkan kepada pihak-pihak terkait untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana desa dan mendorong inovasi dalam upaya percepatan penurunan stunting sesuai dengan kondisi dan karakteristik masing-masing desa,” terang mantan Bupati Mempawah dua periode ini.

Usai membuka kegiatan tersebut, Wagub Kalbar mengunjungi rumah keluarga dari anak penderita Stunting serta memberikan bantuan CSR Bank Kalbar dan bantuan – bantuan lainnya. Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Kabupaten Kayong Utara, Drs. Citra Duani, Wakil Bupati Kayong Utara, H. Effendi Ahmad, S.PDi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Provinsi Kalbar, Muslimat, S.Sos., M.Si, Forkopimda Kabupaten Kayong Utara, Kepala Cabang Bank Kalbar Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

(Hadysa Prana)

Sumber : Biro Adpim Setda Prov Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *