SMP Negeri 02 Pkl Kerinci Adakan MOS Pengenalan Budaya

oleh -

Detikkasus.com | Pelalawan – MOS terakhir bagi siswa baru di SMP Negeri 02 Pangkalan Kerinci adalah materi pengenalan budaya sekaligus untuk mencari bakat siswa.

Dalam pengenalan budaya di SMP Negeri 02 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau, siswa menampilkan kostum budaya daerahnya masing-masing. Tujuan agar seluruh siswa SMP Negeri 02, dapat mengenal adanya keberagaman budaya di sekolah tersebut, jelas kepala SMP Negeri 02 Pangkalan Kerinci Emilia KH S.Hum MM saat ditemui disela-sela acara pengenalan budaya bagi siswanya Rabu (10/7/19) pagi.

Dia katakan, dalam masa orinetasi sekolah (MOS) pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMP Negeri 02 Pangkalan Kerinci, hari pertama dilaksanakan MOS dengan materi tentang wawasan wiyata. MOS pada hari kedua adalah materi pengenalan kurikulum dan disiplin, jelanya.

Dikatakannya, sedangkan MOS pada hari terakhir, yaitu materi tentang pengenalan budaya dengan makna bahwa siswa SMP Negeri 02 Pangkalan Kerinci, terdiri dari beragam suku, akan tetapi keragaman itu tetap satu yaitu “keluarga besar SMP Negeri 02 Pangkalan Kerinci,” ujar mantan kepala SMA Negeri Bernas Pangkalan Kerinci itu.

Selain pengenalan budaya, pada MOS terakhir itu juga diselipkan pencarian bakat bagi siswa. Sehingga para siswa diminta untuk menampailkan bakatnya seperti pandai bernyanyi, pandai memainkan alat musik seperti gitar, atau pandai menari, dan lain sebagainya, ucapnya.

Makanya dalam MOS materi pengenalan budaya ini, sengaja melibatkan siswa kelas VIII dan kelas IX dengan tujuan menunjukkan bahwa seluruh siswa SMP Negeri 02 itu terdiri dari berbagai suku yang ada, lalu setelah menjadi sebagai siswa SMP Negeri 02, seluruhnya jadi satu.

Kemudian MOS hari ke-3 ini juga dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi antara sesama siswa kelas VII yang baru masuk, dengan para kakak kelas, dan juga dengan para guru. Makanya seluruh kakak kelas baik kelas VIII dan kelas IX dilibatkan di MOS terakhir ini, imbuhnya. (Sona)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *