SMAN 1 Singkohor Laksanakan Shalat Duha Berjamaah Sebelum Memulai Pembelajaran

Detikkasus.com | Aceh Singkil –
Jum’at (14/6/ 2024) Dalam upaya meningkatkan karakter religius siswa, SMAN 1 Singkohor telah melaksanakan program unggulan dalam bentuk Shalat Duha berjamaah sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini berlangsung setiap pagi di musholla Al-Hijrah dan diikuti oleh seluruh siswa serta guru.

Kepala SMAN 1 Singkohor, Ngabdan, S.Si menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membiasakan siswa melaksanakan ibadah serta menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan tenang. “Kami berharap, dengan melaksanakan Shalat Duha secara rutin, para siswa dapat lebih fokus dalam belajar dan memiliki kedekatan spiritual yang lebih baik,” ujarnya.

Herlina Spd. Kesiswaan menambah, “kegiatan ini mulai berjalan dari masa pandemi covid 19 dan sudah berjalan hingga saat ini” ujarnya.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan shalat duha secara berjamaah, dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh guru agama. Setelah itu, siswa diberikan waktu untuk mendengarkan tausiyah singkat sebelum memulai pelajaran.

Salah satu siswa, Rifki Hasan, menyambut baik program ini. “Shalat Duha membuat hati saya lebih tenang dan siap untuk menerima pelajaran. Selain itu, kami juga dapat saling mengingatkan dalam kebaikan,” katanya.

Program Shalat Duha berjamaah ini mendapatkan apresiasi dari para orang tua siswa. Mereka merasa senang karena anak-anak mereka dididik untuk menjalankan ibadah dengan disiplin.

Dengan adanya program ini, SMAN 1 Singkohor berharap dapat membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia dan kedekatan yang kuat dengan Tuhan. (M. Sianipar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *