Situasi Hari Jadi Pujakesuma ke-41 dan HUT Kuda Kepang Kenongo Kuning ke-1

  • Whatsapp

Labuhanbatu l Detikkasus.com – Selasa (27/07/2021) situasi hari jadi Pujakesuma yang ke 41 (Empat Puluh Satu), dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kuda Kepang Kenongo Kuning yang ke 1 (Satu).

Alhamdulillah didukung kondisi cuaca rembulan mengijinkan, ditambah penonton kuda kepang lumayan ramai, dan akhirnya terlihatlah suasana yang sangat meriah.

Pujakesuma Kelurahan Pulo Padang, menjadi penyelenggara Pada Tahun ini. Dalam rangka Syukuran Peringatan Hari Jadi Ke-41 Pujakesuma dan juga sekaligus merayakan 1 Tahun terbentuknya kesenian Kuda Kepang Kenongo Kuning, yang telah dibina Pujakesuma Kecamatan Rantau Utara.

Sedangkan kegiatan hari jadi Pujakesuma dan Hari Ulang Tahun Kuda Kepang Kenang diselenggarakan dihalaman depan Rumah Pak Suhartono selaku Penasehat Pujakesuma Kelurahan Pulo Padang. Ujar Dion Ketua Pujakesuma Kelurahan Pulo Padang dan diseponsori oleh Rokok Djarum Coklat.

Ditambahkanya Pujakesuma sendiri merupakan paguyuban yang ada ditengah-tengah masyarakat di wilayah Kabupaten Labuhanbatu semenjak berdiri selama 41 tahun lamanya, paguyuban ini telah mampu mewujudkan kontribusi sebagai salah satu Ormas yang mampu menjadi wadah penerus generasi Masyarakat Jawa Kelahiran Sumatera untuk mempertahankan tradisi dan seni budaya dari para sesepuh terdahulu.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memperingati hari jadi Pujakesuma yang ke 41 Tahun. Dan juga untuk menambah keakraban dan kekeluargaan, Guyub, Rukun serta berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Pujakesuma sebagai wadah masyarakat tidak membeda-bedakan Suku dan Agama dan mampu menjaga persatuan dan kesatuan ditengah perbedaan,” ujar Parlin Ketua Pujakesuma Rantau Utara.

Dijelaskannya, kegiatan itu dibuka dengan pembacaan Doa hingga dilakukan pemotongan tumpeng oleh ketua PD. Pujakesuma Labuhanbatu yang dilanjutkan dengan pagelaran Kuda Kepang Kenongo Kuning, untuk memberikan hiburan kepada Para tamu dan undangan serta Warga Masyarakat yang ada di daerah itu.

“Sumarno Ketua Pimpinan Daerah Pujakesuma Labuhanbatu juga dalam acara itu, beliau sekaligus memberikan PIN Pujakesuma kepada pengurus Kelurahan Pulo Padang. Kegiatan yang digelar ini untuk memperingati Hari Jadi Pujakesuma dan juga mengenalkan Paguyuban ini kepada generasi penerus, khususnya yang ada di wilayah ini,” ujarnya. (J. Sianipar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *