Sendang Mberon digadang Bakal Jadi Wisata Andalan

oleh -

Detikkasus.com | Tuban – Salah satu sumber mata air (Sendang/danau Mberon) yang secara administrasi berada di wilayah Desa Sumberjo dan sebagian di wilayah Desa Punggulrejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban Jawa Timur dikunjungi sejumlah pejabat Dinas Pariwisata, Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Jumat (15/1/2021) pagi.

Hadirnya sejumlah pejabat Disparbudpora Tuban ini bertujuan survei lapangan sekaligus menyerap aspirasi dari Pemdes setempat serta Pokdarwis yang bakal mengelolanya.

“Mereka berkunjung untuk berkordinasi terkait pengembangan dan pengelolaan wisata secara baik. Sekaligus memberikan saran, bimbingan serta motivasi,” jelas M. Ali Baharudin Pembina Pokdarwis Thaisa Sendang Mberon. (15/1) petang.

Karena Sendang Mberon aliran irigasinya dimanfaatkan lebih dari 3000 hektar lahan pertanian beberapa desa di hilir, sehingga menurut aturan Undang-undang, sendang Mberon menjadi kewenangan Kementerian PUPR.

“Sejak 2018 lalu Sendang Mberon sudah berproses terkait ijin pengelolaannya oleh Pokdarwis Thaisa, di Kementerian PUPR,” lanjut Ali.

Sementara Sulistiyadi Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban sangat mengapresiasi terhadap semangat dan inisiasi dari Pokdarwis hasil bimbingan M. Ali Baharudin ini serta dukungan semua pihak baik tokoh masyarakat maupun Pemerintah Desa setempat.

“Sendang Mberon tidak boleh beralih fungsi dan tidak diperkenankan ada bangunan permanen diatas air, perlu pengoptimalan kolam renang, perlu dibuat aktifitas foodcort atau kuliner. Tiap objek harus punya keiistimewaan atau tematik yang di kenalkan.” ujar Sulistiyadi.

Nampak hadir, Kabid Pariwisata Suwanto, Kasi Pariwisata Hendra Husodo dan Kabid Pemuda dan Olahraga Samsuri, Pengurus Pokdarwis Thaisa, Suhadi Kepala Desa Sumberjo serta Kepala Desa Punggulrejo diwakili Sekdes. Kordinasi berjalan lancar dan diakhiri sesi foto bersama. (Imam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *