Segenap Pimpinan Dan Staff Redaksi Media Radar Bangsa mengucapkan selamat hari Bhayangkara yang ke 71.

 

Supriyanto alias Bang Priya Pimpinan Redaksi.

Redaksi, www.jejakkasus.info – Sejak di tetapkan oleh pemerintah, bahwa tanggal 1 Juli adalah hari Bayangkara, hari yang sangat penting bagi kepolisian nasional, sejak Peraturan Presiden No 11 Tahun 1946 pada tanggal 1 Juli 1946 di tetapkan.

Hari Bayangkara merupakan hari lahirnya kepolisian RI, menurut sejarah: ‘Bayangkara’ muncul sejak masa kerajaan Majapahit, sejarah penting ini perlu di kenang dan di lestarikan, karena merupakan pada sejarah kerajaan majapahit dahulu, para tentara atau pasukan khusus setia untuk melindungi raja dan kerajaan, Istilah Bayangkara nama populernya merupakan pasukan khusus yang di bentuk oleh Mahapatih Gajah Mada.

Masih menurut sejarah, pada saat pasukan pengamanan digunakan sebagai pengawas harta anak, pada massa pendudukan pemerintahan Jepang, kepolisian dibagi dalam beberapa wilayah per pulau.

Namun setelah Indonesia merdeka, Pasukan kepolisian tetap eksis dan bernaung di bawah lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Saat itu, polisi bernama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional telah dilimpahkan kepada Jaksa Agung.

Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 inilah Hari Bhayangkara di tetapkan oleh Pemerintah yakni tahun 1946 No. 11 / SD yang menyatakan bahwa Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri, sampai saat ini.

Sekretariat Redaksi Jejak Kasus: Jalan seriti 13 Perum Puskopad Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto – Jatim. Email detikkasus@gmail.com / red_radarbangsa@yahoo.com – Telp/ Whatsaap: 082227859999 & 082243319999. (Bintang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *