Sambut Hari Bhayangkara Ke – 78, Polres Bojonegoro Gelar Psikoedukasi

Bojonegoro | Detikkasus.com – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 78, Polres Bojonegoro melalui Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) menggelar Psikoedukasi kepada pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bojonegoro, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Kasubbagwatpes Bag SDM Polres Bojonegoro, Iptu M. Roh Hindrawan selaku konselor, Bamin Subsi Dokkes Polres Bojonegoro, Bripka Yenita Anggraini, staf Bag SDM, Kepala Sekolah, Drs. Ali Mujahidin M.Ag, tenaga pendidik dan diikuti pelajar kelas kelas 7 dan 8.

Saat menyampaikan materi, Kasubbagwatpes Bag SDM Polres Bojonegoro, Iptu M. Roh Hindrawan selaku konselor mengatakan Psikoedukasi merupakan suatu tindakan yang memiliki kegunaan untuk menangani kesehatan mental seseorang. Tindakan psikoedukasi yang dilakukan pada seseorang beserta keluarganya ialah salah satu cara untuk menangani perubahan mental.

Lanjutnya, Psikoedukasi yang diberikan kepada seseorang maupun keluarga bisa meberikan dampak antara lain bisa mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik, bisa menghilangkan beban stres dan semakin memperkuat dukungan keluarga kepada anggota keluarga yang lain serta kehidupan di masyarakat semakin tertata.

“Dengan adanya Psikoedukasi merupakan sebuah metode edukatif yang bertujuan untuk memberikan informasi hal hal yang dilarang dan untuk dihindari bagi pelajar seperti bullying, kejahatan seksual yang merusak mental,” tegas Iptu M. Roh Hindrawan dihadapan para pelajar.

Iptu M. Roh Hindrawan menambahkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait Psikoedukasi.

“Dengan adanya kegiatan ini saya harap tidak ada kasus yang aneh aneh di MTsN seperti bullying, kekerasan seksual atau kekerasan fisik lainnya. Intinya saling menghargai, menghormati, toleransi sesama teman,” imbuhnya.

Kasubbagwatpes, Iptu M. Roh Hindrawan berpesan kepada para pelajar agar memahami kegiatan ini untuk menambah wawasan dengan melakukan hal yang positif dan tidak melakukan hal hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Sementara itu, Kepala Sekolah, Ali Mujahidin mengucapkan terima kasih adanya kegiatan seperti ini yang dapat menambah wawasan serta edukasi bagi kita semua dalam hal psikoedukasi yang diselenggarakan oleh Polres Bojonegoro,” ucapnya.
(Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *