Samakan Persepsi dan Perkuat Sinergitas, Kodim Bojonegoro gelar Komsos dengan KBT*

BOJONEGORO | Detikkasus.com – Dalam rangka menciptakan hubungan yang harmonis antara TNI Angkatan Darat dengan segenap komponen bangsa, Kodim 0813 Bojonegoro Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Keluarga Besar TNI (KBT) di Gedung Ahmad Yani Makodim setempat, Rabu (12/6/2024).

Hadir dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Sinergitas TNI AD dan Keluarga Besar TNI Siap Mewujudkan Pertahanan yang Tangguh untuk Indonesia Maju’ ini diantaranya Ketua LVRI, Ketua PEPABRI, Ketua PPAD, Ketua FKPPI, Ketua PPM, Ketua HIPAKAD, Ketua PIVERI dan Ketua PERIP Bojonegoro beserta anggota, serta perwakilan dari Dharma Pertiwi, KORPRI TNI dan Perwira Staf Kodim 0813 Bojonegoro.

Dalam Amanatnya yang dibacakan oleh Pasiter Lettu Kav Sujirman, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., menyampaikan, Pembinaan Teritorial (Binter) TNI Angkatan Darat yang diselenggarakan saat ini perlu disinkronisasikan secara sinergis antara program kegiatan TNI AD dengan Pemerintah, Kementerian/LPNK dan Instansi terkait.

“Karena, TNI Angkatan Darat maupun komponen bangsa lainya mempunyai kewajiban untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI serta melindungi kedaulatan bangsa dari ancaman baik yang datang dari luar maupun yang timbul dari dalam negeri harus terselenggara dengan baik sesuai dengan konsep Sistem Pertahanan Semesta atau Sishanta,” ujarnya.

Disampaikan juga bahwa TNI sebagai komponen utama melalui kegiatan Binter terus berupaya meningkatkan potensi Sumber Daya Nasional (SDM, SDA, SDB) menjadi kekuatan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh dengan menggunakan Metode Binter yang salah satunya adalah Komunikasi Sosial (Komsos).

“Komsos ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keeratan hubungan TNI AD dengan segenap komponen bangsa untuk bersama berpartisipasi pada kepentingan bidang pertahanan,” kata Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., dalam sambutanya.

Ia berharap, dengan kegiatan Komsos tersebut dapat terwujud hubungan yang lebih harmonis antara prajurit TNI AD dengan Keluarga Besar TNI agar senantiasa terjalin ikatan sebagai mitra pejuang untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta mendukung kebijakan-kebijakan pimpinan TNI Angkatan Darat dibidang teritorial.

Dengan terwujudnya kesamaan visi, persepsi dan interprestasi antara TNI AD dengan Keluarga Besar TNI tentang NKRI yang dilandasi oleh nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 tersebut diharapkan baik TNI maupun KBT dapat memahami dan memberikan contoh kepada masyarakat serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dikehidupan sehari-hari.

“Semoga kegiatan program Komsos ini dapat berjalan secara optimal sesuai dengan program dari Komando Atas, sehingga tercipta sinergitas antara TNI dan KBT diwilayah Kabupaten Bojonegoro yang semakin harmonis,” pungkas Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.
(Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *