Resmikan BUMDesMa, Bupati: Perlu Libatkan Lintas Sektor

oleh -

Detikkasus.com | Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda, didampingi Wabup, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., dan Forkopimda Kabupaten Tuban meresmikan BUMDes Bersama (BUMDesMa) Jenu Raya di Kompleks Kantor Kecamatan Jenu, Rabu (28/04/2021).

Dalam kegiatan bersamaan Safari Ramadhan Bupati dan Wabup Tuban 1442 H/2021 M, Bupati Huda menyatakan, pengelolaan BUMDes harus dijalankan dengan profesional dan optimal, sehingga mampu berkontribusi dan menunjang APBDes. Saat ini kehadiran BUMDes di tiap desa sangat dibutuhkan.

“Ini menjadi program Kementerian Desa PDTT yang harus dimaksimalkan di tiap desa,” ungkap Bupati Huda.

Ia berharap, pembangunan daerah berpenduduk 1,2 juta jiwa itu, harusnya melibatkan lintas sektor, termasuk kelompok pengusaha, industri, maupun investor. Apalagi saat ini Tuban terpilih menjadi lokasi pembangunan Proyek Strategis Nasional berupa kilang minyak yang akan dikelola Pertamina Rosneft.

 

Keberadaan investor baru mampu mendukung dalam upaya menggerakkan ekonomi masyarakat. Selain mampu menyerap tenaga kerja, juga dapat menumbuhkan lapangan pekerjaan baru.

“Masyarakat diharapkan mampu mengoptimalkan peluang usaha yang ada,” ungkap suami Hj Qodiriyah Fathul Huda itu.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan sektor swasta, BUMD, maupun BUMN terhadap pembangunan di daerah dengan pantai sepanjang 65 Km. Melalui program CSR, tiap-tiap perusahaan turut mendukung upaya Pemkab Tuban dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada bagian lain ulama asal Montong ini berpesan, agar masyarakat tetap mematuhi prokotol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah pemerintahannya. Mengingat angka kematian akibat virus Corona cukup tinggi yaitu 11 persen.

Kepala desa bersama perangkat desa diminta mengimbau warga untuk tidak mudik guna mendukung upaya pencegahan Covid-19.

Di tempat yang sama, Camat Jenu, M. Maftuchin Riza, dalam laporannya menyebutkan BUMDesMa Jenu Raya didirikan seluruh desa di Kecamatan Jenu. Unit usahanya mencakup simpan pinjam, pembuatan taman dan penjualan tanaman hias. Kedepan berupaya menjalin kerjasama dengan Terminal Kambang Putih di bawah Kementerian Perhubungan.

Kerjasama tersebut berupa pemanfaatan lahan kosong menjadi SPBU. Dalam kerjasama berbasis kemitraan ini, BUMDesMa dapat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Jenu.

Camat Riza menambahkan, saat ini sejumlah pemerintah desa tengah mengembangkan wisata alam dan religi. Pantai yang melintang di Kecamatan Jenu dikembangkan tiap-tiap pemerintah desa menjadi objek wisata.

“Juga dikembangkan wisata religi Makam Syekh Subakir di desa Tasikharjo,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, diserahkan sejumlah bantuan sosial, bantuan Hibah Lembaga Pendidikan, Hibah Sarana dan Prasarana, Tunjangan untuk Hufadzh, serta sejumlah paket sembako dari BPNT Daerah Kabupaten Tuban, Diskoperindag Tuban, Baznas Tuban dan Kemenag Tuban.

Tampak hadir pula Forkopimda Tuban, Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Ketua Dharma Wanita Tuban, Sekretaris Daerah, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Direksi PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban, Direksi Kilang Minyak Pertamina Rosneft.

Kegiatan ini juga diikuti Camat bersama Forkopimka Jenu dan Merakurak, Kepala Desa serta Tokoh Agama dan Masyarakat setempat. (IMM/mct*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *