Rekomendasi Cara Mudah Memilih Cat Tembok Berkualitas ok Harga Terjangkau

oleh -58 views

Detikkasus.com | Indonesia – Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.

Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Cat Tembok Era Paint, Cat Tembok Katalux, Cat Tembok Japentex dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok.

Cara memilih cat tembok
Ada beragam merek cat yang bisa Anda beli dengan mudah di marketplace. Merek apakah yang pas dengan kebutuhan rumah Anda? Mari simak poin-poin cara memilihnya terlebih dahulu sebelum membeli
Sesuaikan warna cat dengan kesan rumah yang ingin ditonjolkan
Hal pertama yang harus dipikirkan saat hendak mengecat tembok adalah soal pemilihan warna. Sebaiknya Anda tidak asal-asalan dalam menentukan warna, sebab warna tembok bisa memengaruhi mood penghuninya. Di sisi lain, pemilik rumah juga bisa menunjukkan karakter pribadinya berdasarkan pemilihan warna cat.

Berikut penjelasan mengenai psikologi warna.

1).Warna lembut yang elegan, untuk mendapatkan suasana tenang.

Warna-warna lembut seperti hijau muda, hijau pupus, biru laut, biru muda, serta ungu merupakan warna-warna yang memiliki karakter tenang. Warna-warna ini memberikan suasana yang sejuk, menenangkan, serta bisa menghilangkan stres dan menyeimbangkan emosi. Rumah dengan dominasi warna ini juga akan terkesan luas dan modern. Anda yang berkepribadian introvert, pendiam, serius, dan tenang akan cocok menggunakan cat warna ini.

2).Warna natural, untuk hadirkan suasana hangat

Untuk Anda yang memiliki kepribadian hangat, bersemangat, simpel, serta bersahabat, warna-warna natural seperti merah, coklat, kuning, oranye, dan terakota adalah warna yang cocok. Warna tersebut mampu merefleksikan kepribadian Anda. Rumah dengan warna natural juga akan terkesan hangat, nyaman, harmonis, dan akrab.

3).Warna ceria, untuk menciptakan suasana yang fresh dan penuh vitalitas

Anda ingin menciptakan rumah dengan karakter fresh, hidup, dan penuh vitalitas? Cobalah pilih cat dengan warna-warna ceria seperti putih kebiru-biruan, kuning muda, kuning lemon, hijau limau, hijau apel, biru laut, atau pink. Warna yang banyak mengambil inspirasi dari alam ini cocok bagi Anda yang terbuka, senang berinteraksi dengan alam, serta gemar mencoba hal-hal baru.

4).Warna cerah dan tegas, untuk tonjolkan karakter berani

Deretan warna cerah dan tegas seperti hijau tua, biru tua, kuning menyala, merah menyala, pink tua, dan biru dongker akan menciptakan karakter rumah yang berani.

Warna-warna tersebut mampu menimbulkan perasaan bebas, penuh percaya diri, ekspresif, serta meningkatkan daya konsentrasi. Karakter warna ini cocok untuk pribadi yang dinamis, semarak, senang bergaul, dan berjiwa muda.

Setelah mengetahui soal psikologi warna, sebaiknya Anda juga memahami tentang jenis-jenis cat berdasarkan karakteristik hasil akhirnya. Ada cat yang menghasilkan efek glossy, doff, eggshell, serta satin. Berikut penjelasannya

1).Cat glossy, untuk tampilan berkilau dan mudah dibersihkan

Cat glossy terbagi menjadi dua jenis, yakni high gloss dan semi gloss. Saat terkena cahaya, tembok yang menggunakan cat high gloss akan terlihat lebih berkilau.

Cat ini cocok untuk tembok luar yang sering terpapar sinar matahari. Sementara itu, jenis semi gloss lebih cocok untuk tembok dapur atau kamar mandi. Dibandingkan high gloss, tingkat kilaunya memang lebih rendah, tetapi tidak mudah mengelupas. Keunggulan lain dari cat glossy adalah mudah dibersihkan saat ada noda menempel.

2).Cat doff atau matte, sangat berkarakter dan nampak menyatu dengan dinding

Cat jenis doff atau yang juga disebut dengan nama cat matte tidak memantulkan cahaya. Oleh karena itu, cat ini tidak berkilau seperti cat glossy.

Karakter cat ini lembut dan terlihat menyatu pada dinding, serta menawarkan kesan yang kalem dan sederhana. Kelebihan dari cat doff adalah mampu menutupi kecacatan warna atau tekstur permukaan tembok. Di sisi lain, kekurangan cat ini adalah lebih mudah mengapur dibandingkan cat glossy. Lalu, jika ada noda yang menempel, akan lebih sulit dibersihkan. Namun soal keamanan bahan baku, cat doff lebih baik dibandingkan cat glossy.

3).Cat eggshell, untuk hasil akhir tembok yang bertekstur sekaligus mudah dibersihkan

Eggshell alias kulit telur, merupakan jenis cat dengan hasil akhir yang bertekstur, tetapi halus. Cat jenis ini mudah dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Anda bisa mengaplikasikan cat ini di dinding ruang keluarga, ruang kerja, atau ruang tamu. Dengan cat eggshell, tembok Anda akan terlihat cukup artsy

4).Cat satin, untuk tampilan mewah

Ingin menghadirkan kesan mewah pada hunian Anda? Gunakanlah cat satin. Anda akan mendapatkan hasil yang terlihat mewah, tetapi tidak terlalu mengilat seperti jenis glossy atau menempel seperti jenis doff saat disentuh, terasa lembut di tangan.

Cat yang mudah dibersihkan ini bisa diaplikasikan untuk dinding kamar atau ruang tamu. Bagi Anda yang mempunyai restoran dan galeri, cat jenis ini adalah pilihan terbaik.

Sesuaikan cat dengan lokasi tembok, di bagian dalam atau luar rumah.

1).Tembok bagian manakah yang hendak Anda cat?
Tembok bagian dalam atau bagian luar rumah?
Aspek tersebut harus diperhatikan sebab masing-masing tembok memiliki kebutuhan jenis cat yang berbeda. Untuk tembok bagian dalam rumah, Anda bisa menggunakan cat khusus interior. Cat jenis ini biasanya berbahan dasar air (water-based) dan mudah dibersihkan saat ada noda yang menempel.

Sementara itu, untuk tembok bagian luar rumah, Anda harus mencari cat khusus eksterior yang fleksibel atau berbahan latex acrylic. Hal ini dikarenakan tembok luar rumah akan sering terkena terpaan sinar matahari, air hujan, serta polusi asap kendaraan. Oleh karenanya, Anda membutuhkan cat yang elastis, mampu menghadapi perubahan cuaca, serta tidak mudah mengelupas.

2).Perhatikan kualitas dan daya tahan cat

Setiap orang pasti berharap cat rumahnya awet sehingga mereka tidak usah sering-sering mengecat rumah. Untuk itu, Anda harus benar-benar mencari cat yang berkualitas. Pastikan cat yang Anda pilih bisa tahan terhadap segala terpaan cuaca, tidak mudah terkelupas, serta tidak mudah jamuran. Tak hanya itu, cat rumah sebaiknya juga mudah dibersihkan ketika ada noda yang menempel.

Cat berkualitas tinggi dan awet biasanya memilih harga yang jauh lebih mahal. Namun, jika Anda membeli cat yang murah, harus perhatikan benar Dari produk mana, bisa di Rekomendasikan produk Cat harga terjangkau menengah tapi mempunyai kualitas yg bisa di andalkan seperti halnya produk Milik Pt.Era Mulya Citra warna seperti Cat Tembok Era paint, Cat Tembok Katalux, Cat Tembok Japentex, Selamat Mencoba.(One-One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *