Rebranding UMKM dalam PMM UMM, Membangun Identitas Merek yang Kuat Untuk Menghadapi Persaingan Pasar

Foto : Rebranding UMKM dalam PMM UMM, Membangun Identitas Merek yang Kuat Untuk Menghadapi Persaingan Pasar.

MALANG I detikkasus.com – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah meluncurkan inisiatif PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, yang juga bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di daerah tersebut memperkuat identitas merek mereka. Dengan dukungan dari mahasiswa PMM Kelompok 64 Gelombang 02, UMKM dapat memperoleh strategi baru dalam bersaing di pasar lokal.

Salah satu aspek utama dari PMM ini adalah memberikan pendampingan kepada UMKM dalam memahami dan membangun identitas merek yang kuat. Melalui konsultasi dan sosialisasi, mahasiswa PMM Kelompok 64 Gelombang 02 membantu UMKM untuk mengidentifikasi nilai-nilai inti mereka, diferensiasi dari pesaing, dan cara terbaik untuk menyampaikan pesan mereka kepada pasar. Ini memungkinkan UMKM untuk menonjol di tengah persaingan yang semakin ketat.

Selain itu, dengan melibatkan pembaharuan dalam aspek visual dari merek UMKM, Mahasiswa bidang desain grafis membantu UMKM dalam menciptakan logo, kemasan produk, dan materi pemasaran lainnya yang mencerminkan identitas merek yang telah dibangun. Dengan penekanan pada estetika yang menarik dan konsistensi merek, UMKM dapat meningkatkan daya tarik produk mereka di mata konsumen.

Kegiatan Pengabdia Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini membuktikan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan UMKM dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak. Selain membantu UMKM untuk memperkuat identitas merek mereka, ini juga memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa serta memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan komunitas lokal. Dengan terus mengembangkan inisiatif semacam ini, diharapkan UMKM dapat menjadi lebih kompetitif dan berkelanjutan dalam menghadapi persaingan pasar yang terus berkembang.

Disusun oleh: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah dalam rangka program PMM Gelombang 02 Kelompok 64 :

1. Liza En Zelina‚Äč (202010170311271).
2. Laura Nur Syahrani (202010170311294).
3. Muhammad Nur Dimas Ansari (202010110311497).
4. Alfi Fatqurahman (202010120311178).
Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) :

  • Reporter : Iradhad Taqwa Sihidi, S.IP., M.A Universitas Muhammadiyah Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *