Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang 

Mojokerto l Detikkasus.com – Program pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan memberikan bantuan atau uluran tangan terhadap masyarakat tertentu melalui berbagai aktivitas dan program tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

Program ini adalah salah satu wujud peran mahasiswa dalam masyarakat, yakni sebagai agent of change, social control, dan iron stock. Melalui program pengabdian masyarakat, mahasiswa dapat menjalankan ketiga perannya dalam kehidupan bermasyarakat sekaligus mendapatkan berbagai pengalaman dan manfaat dari program tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Sekelompok mahasiswa dari salah satu universitas di Malang tersebut melakukan program pengabdian masyarakat di Panti Asuhan YPAYD Al – Ikhlas Mojokerto.

Pada pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengusung tema narkotika melalui Program Pendampingan Masalah Narkoba.
Dalam pelaksanaan program tersebut, para anak asuhan Panti Asuhan YPAYD Al – Ikhlas Mojokerto mengikuti serangkaian kegiatan yang dibuat oleh sekelompok mahasiswa tersebut.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi terkait pengenalan narkoba, bahaya narkoba, tanya jawab, dan kuis berhadiah.

Dengan berbagai materi yang diberikan, narasumber mengajak anak – anak untuk berdiskusi dan bertukar pikiran demi terwujudnya komunikasi dua arah dan menarik perhatian anak – anak.

Meskipun diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid – 19, namun hambatan tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusiasme, baik para mahasiswa maupun anak – anak panti.

Tidak lupa, sekelompok mahasiswa tersebut berupaya memenuhi dan melaksanakan protokol kesehatan agar penyelenggaraan acara lancar dan aman.

Penggunaan masker, hand sanitizer, dan disinfektan menjadi syarat utama mengikuti program tersebut.

Anak – anak Panti Asuhan YPAYD Al – Ikhlas Mojokerto sangat antusias dan senang mengikuti program tersebut.

Salah satu dari mereka mengatakan bahwa sudah sejak lama tidak ada acara seperti ini karena terhalang pandemi, sehingga dengan adanya acara ini dapat menjadi penambah pengetahuan sekaligus hiburan bagi mereka.

Dengan antusiasme anak – anak Panti Asuhan YPAYD Al – Ikhlas Mojokerto, acara dapat berjalan dengan lancar dan interaktif. Melalui program ini, diharapkan dapat menekan angka penggunaan narkoba di kalangan anak dan remaja.

Serta dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran anak dalam Panti Asuhan YPAYD Al – Ikhlas Mojokerto terkait bahaya narkoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *