Posyandu Untuk ODGJ Dan ODNK

  • Whatsapp

PACITAN I detikkasus.com – Puskesmas Candi, Kecamatan Pringkuku, menggelar Posyandu Kesehatan Jiwa, tepatnya di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku. Kegiatan ini dilakukan agar angka jumlah pasien ODMK (Orang dengan Masalah Kesehatan) dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dapat berkurang dan yang sudah menderita gangguan jiwa dapat sembuh kembali, hidup dengan penuh inovasi.

Kegiatan Posyandu Kesehatan Jiwa “SUMBER WARAS” ini dihadiri oleh beberapa pasien jiwa yang sudah kooperatif dan sudah produktif di wilayah Puskesmas Candi, adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Posbindu PTM (Pos pembinaan terpadu Penyakit Tidak Menular) tidak hanya itu pasien dengan kelompok TERSAYANG (Terabaikan Saat Jiwanya Goyang) juga bisa mengikuti kegiatan Posbindu PTM yang bertujuan untuk memantau kondisi status kesehatannya .

Tujuan dari Posyandu Kesehatan Jiwa ini adalah untuk mencegah dan mengurangi resiko seseorang untuk mengalami gangguan jiwa dan memberikan pengobatan, terapi serta dipadukan kegiatan pemberdayaan. Penenagnan pasien dengan gangguan jiwa diperlukan perawatan yang komprehensif yang berfokus pada peran serta masyarakat.

Melalui kegiatan ini diharapkan kesembuhan pasien dengan gangguan Jiwa tidak tergantung dengan obat–obatan saja, namun juga mendapatkan dukungan dari keluarga dan masyarakat sehingga pasien mampu produktif mengembangkan potensi ketrampilan yang dimiliki.Dilaman dari Diskominfo Pacitan.(Hargo/Ang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *