PMM UMM Kelompok 73 Gelombang 7 Melaksanakan Kegiatan Sinau Bareng

oleh -

Detikkasus.com | PMM UMM Kelompok 73 Gelombang 7 Melaksanakan Kegiatan Sinau Bareng bersama Anak-anak di Rumah Belajar Muharto Gang 5 Kota Malang.

Oleh: Zahra Mahreva Basuki – Anggota Kelompok 73 PMM UMM

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kegiatan belajar – mengajar di tengah pandemi virus Covid-19 ini memperoleh dampak yang sangat serius bagi siswa-siswi yang mengenyam pendidikan, khususnya bagi anak-anak di Muharto gang 5. Semenjak diberlakukannya masa darurat Covid-19 satu tahun silam, banyak daerah – daerah yang mengalihkan pembelajaran dilakukan secara daring atau yang kini kita kenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Adanya PJJ ini diharapkan agar para guru dan siswa dapat memanfaatkan sebaik-baiknya teknologi sebagai media dalam proses pembelajaran.

Melihat fenomena yang demikian, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM UMM) kelompok 73 menyematkan program kerja berupa sebuah kegiatan mengenai program pembelajaran dan materi sekolah sesuai dengan kebutuhan anak – anak di wilayah Jalan Muhato Gang 5C, Kota Lama, Malang. Program ini di bina di bawah bimbingan dosen lapangan kelompok 73, yakni oleh Bapak Hutri Agustino, S.Sos. M. Si.
Kegiatan ini berlangsung pada Minggu, 6 Juni 2021 pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh sekiranya 20 anak, mulai dari anak usia dini hingga anak yang sudah menduduki bangku kelas 6 sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak – anak mengulas kembali materi – materi pembelajaran yang telah dipelajari selama di sekolah. Kegiatan belajar mengajar ini juga dilangsungkan dengan tetap mematuhi jalannya protokol kesehatan sigap Covid-19 yang mana anak – anak diwajibkan untuk mencuci tangannya terlebih dahulu saat sampai di rumah belajar Muharto, kemudian tetap memakai masker selama proses pembelajaran, dan duduk dengan berjarak atau tidak berkerumun.

Kegiatan Sinau Bareng Anggota Kelompok 73 PMM UMM dengan Anak-anak di Muharto

Kegiatan Sinau Bareng ini berlangsung secara menyenangkan, yang mana adik – adik yang telah hadir mampu kooperatif dan kompak dengan kakak – kakak yang mengajar dari PMM UMM. Mereka juga bisa berinteraksi dengan baik dengan kakak – kakak dari PMM UMM. Materi yang diajarkan oleh kakak – kakak dari PMM UMM tentu disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan adik – adik di Muharto 5C. Materi pembelajaran juga disampaikan secara inovatif dan se-menarik mungkin agar adik – adik tidak cepat jenuh saat belajar. Tidak lupa juga bahwa pembelajaran yang dilaksanakan diselingi dengan fun games.
Kelompok 73 PMM UMM juga memberikan kuis pertanyaan pada sesi akhir pembelajaran. Kuis yang disampaikan juga berisi tentang pertanyaan seputar apa saja yang tadi sudah kita pelajari bersama yang kemudian akan diberikan sebuah hadiah berupa snack kepada mereka yang mau berani dan mampu menjawab pertanyaan dari kakak-kakak PMM UMM.
Sebagai impelementasi dari tujuan negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, kelompok 73 PMM UMM meyakini bahwa program kerja Sinau Bareng ini dapat menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi adik-adik di Muharto 5C dan tentu akan menjadikan memori bagi mereka bahwa dalam keadaan apapun pendidikan tetaplah penting dan nomor satu untuk diperjuangkan. Tidak lupa kelompok 73 PMM UMM juga memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan kepada adik-adik untuk lebih mengenal dan mengetahui seperti apa negara Indonesia ini, sifat-sifat Pancasila apa yang harus kita teladani dalam kehidupan sehari-hari, juga indahnya menghargai perbedaan dengan bersikap toleransi.

Penyampaian Materi Wawasan Kebangsaan

Selain melangsungkan kegiatan belajar-mengajar, kelompok 73 PMM UMM juga membuka sesi curhat dari hati ke hati dengan adik – adik di Muharto. Tidak sedikit dari mereka yang mengungkapkan bahwa mereka mengalami cukup kesulitan saat mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Kesulitan yang dialami pun variatif, mulai dari terdapat beberapa materi yang kurang bisa dipahami, tugas-tugas yang lumayan banyak yang diberikan dalam waktu atau dateline yang berdekatan.
Besar harapan kami untuk dapat melangsungkan kegiatan Sinau Bareng secara rutin di gang 5 Muharto selama program PMM Bhaktiku Negeri ini berlangsung. Kami meyakini juga langkah kecil ini akan dapat menjadi bagian dari perubahan besar bagi kemajuan Indonesia tercinta ini. Apabila generasinya unggul dan cerdas tentu akan mampu bersaing dengan negara – negara lain dan yang terpenting adalah Indonesia sendiri akan memiliki sumber daya manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.