Pisah Sambut Sambut Tradisi Pedang Pora Menyambut Kapolres Blora Yang Baru | Reporter – Z, Arifin

Polda Jateng – Polres Blora, detikkasus.com – Tongkat komando Kapolres Blora berpindah dari AKBP Surisman SIK MH kini digantikan AKBP Saptono SIK MH yang sebelumnya menjadi Kasubdit Reskrimsus Polda Bangka Belitung.

Suasana pergantian tersebut berlangsung khidmat. Nuansa sakral. Para perwira Polres menyambut kehadiran Kapolres baru mereka dengan Pedang Pora. Aksi pedang pora menyambut kedatangan Kapolres Blora baru, AKBP Saptono SIK MH meriah, Jum,at (7/7).

Penyambutan tersebut dilakukan mulai dari gerbang barat Polres Blora hingga menuju depan lobby polres.

Dalam penyambutan itu, juga diberikan kalung bunga sebagai tanda penghormatan dan selamat datang di tempat tugas yang baru. Tradisi pedang pora dilakukan sebagai ucapan selamat datang untuk Kapolres Blora yang baru. Sejumlah perwira polisi Polres Blora membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk mapolres sambil menghunus pedang.

Kapolres beserta istri kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira tersebut. Dimana satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang. Diiringi musik dan taburan bunga kapolres melangkah maju hingga melewati akhir barisan.

Kapolres Blora disambut oleh Wakapolres berserta para Kabag, kasat dan kapolsek serta perwira polres. Satu-persatu berjabat tangan sebagai ucapan selamat datang.

Selesai berjabat tangan, kapolres lama dan baru memasuki gerbang pora. Dibawah payung pora diserahkan secara simbolis kunci ruangan kapolres dari pejabat lama kepada pejabat baru. Hal ini menandakan penyerahan tanggung jawab tugas Kapolres Blora.

Setelah tradisi pedang pora selesai, dilakukan laporan kesatuan dari kapolres lama kepada kapolres baru di Aula Aryyaguna. Laporan kesatuan disampaikan untuk memberikan gambaran situasi Polres Blora.

Acara diakhiri dengan pelepasan AKBP Surisman beserta istri untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru. Seluruh anggota tampak mengiringi kepergian kapolres lama menuju Polda Riau.(Arif)

Sumber : Humas Polres Blora

Redaksi. Media Cetak Radar Bangsa dan Media Online www.jejakkasus.info / detikkasus.com. Ciptakan Situasi Informasi Untuk Yang Terbaik. Wa > 081 – 217- 614 – 828. (Zainul Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *