Pesona Sunrise Bukit Asmara Puyangan dan Sendan Drajat Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Madiun.

oleh -

Kabupaten Madiun, Detikkasus.com – Terletak di Dusun Bulu Desa Durenan Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun Jawa Timur terdapat destinasi wisata yang sangat indah dan mempesona. banyak wisatawan,khususnya wisatawan lokal yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Wilis tersebut untuk sekedar berselfie, berkumpul bersama menghabiskan waktu luang sekaligus untuk menikmati pesona keindahan alam yang tersaji dan saat ini tempat tersbut juga menjadi kebanggaan warga setempat. Di komplek tersebut terdapat 3 air terjun dan 7 Goa yang di beri nama Air terjun Sumber Tangis, Coban Drajat, dan Coban Sari, tepat di bawahnya air terjun kedung drajat disitu juga terdapat wisata “kedung jaran” yang berasal dari kata kedung jerune rakaruan”(sungai yang sangat dalam)

Selain memilik 3 Air terjun juga memiliki destinasi wisata Hutan Pinus, yang dahulu adalah Bumi Perkemahan dan sekarang dikemas oleh Pihak Desa menjadi sunrise, karena memang posisinya terletak di puncak bukit tempat itu sering di gunakan sunrise dan sunset yang akrap di sebut “Bukit Asmara Puyangan” disitu juga terdapat sendang atau petilasan, namanya sendang “Andong Ijo” adalah filosofi dari kata “andongakno ndang oleh bojo”(mendoakan agar cepat mendapat jodoh) yang diyakini oleh masyarakat setempat untuk melakukan ritual orang-orang yang sukar mendapatkan jodoh.

Kepala Desa Durenan, Purnomo mengatakan
Rangkaian itu semua juga tidak lepas dari sejarah berdirinya Desa Durenan yang berdiri pada Tahun 1988
Durenan pada awalnya bukan durenan namanya tapi namanya Walirang yang berasal dari kata Wali Perang yang setiap tahun juga di adakan kirap sejarah desa yang menceritakan asal muasal bedirinya Desa Durenan tersebut. Dia juga berharap pemerintah dan Dinas terkait bisa lebih memperhatikan dengan potensi desa wisata.
“Maka dengan adanya 2 tempat pariwisata di Durenan yg saya pandang cukup baik dan menarik dan ada nilai Filosofi sejarahnya harapan saya dari pihak pemerintah memperhatikan baik dari pihak- pihak yang berkopenten terkait dengan kepariwisataan dan daya dukung promosi, karena saya juga berharap besar dengan pariwasata dan pasar ini akan bisa mendongkrak menaikan PADes Desa Durenan, yang kami kelola ini sebagai aset kami untuk menaikan PADes kami yang sudah kami bentuk wadah BUMDes ” terang nya.

Sementara itu Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Madiun melalui Kabid Pengembangan Pariwisata Isbani SE, waktu di temui di kantornya Senin (17/07) mengatakan “Itu kebetulan bukan di wilayah perhutani namun milik Desa karena sekarang Desa itu punya otomomi Desa sendiri untuk mengembangkan Potensi wisata tersebut kita akan membuat MoU anatara Pihak Desa dan Pemerintah agar tidak menyalahi aturan” Pungkasnya. (Adv/DYN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *