Perluas Akses Pendidikan, IAIN Batusangkar MoU dengan Kerajaan Kemboja

oleh -

Detikkasus.com | Batusangkar – IAIN Batusangkar Terus kembangkan dan melebarkan Jaringan kerjasama Internasional, dalam dunia pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yakni dangan Kerajaan Kemboja. Ini merupakan salah satu bidang yang menjadi ujung tombak pengembangan IAIN Batusangkar, Penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU). Dilaksanakan di Kerajaan Kemboja 05/03-2019.

MoU IAIN Batusangkar dengan Kerajaan Kemboja yang di Pertua Majlis terTinggi Pimpinan Umat Islam Kemboja Okha Sos Kamry S.S Haji Kamaruddin Bin Yusof yang di Sakisikan Langsung oleh Timbalan Menteri Agama Kemboja YB H.E. YOB. Ashkary Hj. Asyary B. Haji Aiyob.

Sementara itu pihak dari IAIN Batusangkar dihadiri langsung oleh Rektor Dr. H. Kasmuri, MA dan di pampingi oleh Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan kerjasama Dr. H. Rizal. M.Ag.

Perjanjian kerjasama akademik ini bertujuan memanfaatkan secara optimal segala sumber daya yang ada, diantara IAIN Batusangkar dengan Kerajaan Kemboja, nanti kedua belah pihak bisa melahirkan generasi insan rabbani dan dinamik dalam menghadapi era globalisasi, dalam mewujudkan Visi, Misi IAIN Batusangkar.

Kasmuri menyampaikan Bagian dari kerjasama ini akan disepakati bahwa Kerajaan Kemboja  akan memberikan fasilitas bagi Mahasiswa IAIN Batusangkar untuk memberi ruang di bidang pendidikan agama, di titik-titik atau keberadaan umat Islam di Kemboja ucap kasmuri.

“Mengingat Jumlah penduduk beragama Islam di Kamboja pada saat ini diperkirakan sebesar 5% – 7% dari total penduduk Kamboja, ini sangat perlu uluran tangan kita, terutama dalam aspek pendidikan agama Islam. Dengan jumlah populasi Muslim di Kamboja sangat sedikit di bandingkan beragama Budha, Kristen, Katholik, dan Hindu”.

“Dengan kerjasama ini, kerajaan kemboja sangat mengharapkan pemikiran-pemikiran dosen dari IAIN Batusangkar untuk memberikan pengabdian dalam bentuk pendidikan agama Islam, terutama siswa-siswi yang masih duduk di bangku sekolah”

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Rizal, M.Ag mengatakan IAIN Batusangkar akan memberikan kesempatan untuk siswa-siswi Kemboja untuk Kuliah di IAIN Batusangkar. Dan Mufti beserta Wakil Menteri Agama akan mengirimkan pelajar kemboja ke IAIN Batusangkar tahun ini Ucap Rizal.

“Kerajaan Kemboja dan Wakil menteri juga memohon kepada Rektor IAIN Batusangkar agar dosen-dosen dan mahasiswa IAIN Batusangkar bisa kirim ke kemboja untuk bisa membantu Umat Islam Kemboja dalam persoalan pendidikan Agama. Manajeme pendidikan, Perbaikan sistem pengajaran dan Kurikulum yang akan membawa perubahan”sambung Warek III….(Yt/Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *