Perkuat Sinergitas dan Silaturahmi dengan APH, Lapas Narkotika Pangkalpinang Gelar Buka Puasa Bersama dan Tausiah Agama

Bangka-Belitung Detikkasus.com –
Pangkalpinang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel menggelar Kegiatan Buka Puasa Bersama yang dirangkaikan dengan Tausiah Agama, Jum’at (05/04). Kegiatan dilaksanakan usai Apel Siaga 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju Berantas Halinar dan Razia Gabungan dengan Para APH ( Aparat Penegak Hukum )

Bertempat di Halaman Dalam Lapas, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk sinergitas sekaligus meningkatkan silaturahmi antara Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dengan berbagai Aparatur Penegak Hukum Terkait. Hadir dalam kesempatan ini, perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang, Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pangkalpinang, dan Denpom II/5 Bangka.

Kegiatan diawali dengan penyampaian sambutan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono. Beliau mengucapkan terimakasih kepada APH terkait yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan kegiatan Apel Siaga dan Razia Gabungan pada hari tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh APH terkait, mulai dari BNN Provinsi, BNN Kota, TNI, dan Kepolisian yang telah hadir dan mendukung pelaksanaan kegiatan Apel Siaga 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju Berantas Halinar dan Razia Gabungan sore ini,” ucap Kalapas.

Kalapas kembali menjelaskan bahwa kegiatan Apel Siaga 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju Berantas Halinar dan Razia Gabungan yang telah dilaksanakan sebelumnya merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan atau HBP ke-60. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan untuk meningkatkan kewaspadaan yang dilakukan melalui deteksi dini guna memastikam kondusifitas keamanan dan ketertiban di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang terutama menjelang Idulfitri 1445 H.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memperkuat sinergitas dan meningkatkan Tali silaturahmi antara Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dengan APH terkait. Dimana hal ini merupakan salah satu bagian dari 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, yakni Sinergitas dengan APH,” tambah beliau.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Tausiah Agama sebelum berbuka puasa. Dalam kesempatan ini, Ustadz Zakwan dihadirkan guna memberi Tausiah. Tema Tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Zakwan kali ini tentang “Ramadan Momentum Memperbaiki dan Membersihkan Diri”.

“Bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan ini memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah momentum bagi kita untuk dapat memperbaiki dan membersihkan diri dari perbuatan dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat,” ucapnya.

“Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki dan membersihkan diri adalah dengan mengeluarkan zakat,” ujar Ustadz Zakwan.

Beliau kemudian menjelaskan bahwa zakat merupakan salah satu bagian dari lima pilar agama islam atau yang termasuk ke dalam rukun silam, yang terdiri dari Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, dan Naik Haji. Beliau juga menjelaskan twrkit jenis-jenis zakat serta ketentuan dan tata cara pembayarannya.

“Dengan mengeluarkan zakat, mudah-mudahan bisa membersihkan rezeki yang kita miliki dan semoga rezekinyang kita terima tersebut diridhoi oleh Allah Subhanahu Wata’ala,” tutur Ustadz Zakwan sebelum menutup tausiahnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah sholat maghrib berjamaah di Masjid Darut Taubah Lapas Narkotika Pangkalpinang.

(Hotamarboy/tiem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *