Peran otonomi daerah di tengah pandemi yang melamda negara indonesia

oleh -

Oleh : Gutama Fahmi Pradana
Kampus : Universitas Muhammadiyah Malang
Jurusan : Ilmu Pemerintahan.

Detikkasus.com | Pandemi yang melanda negara tercinta kita yaitu Indonesia menjadi sebuah masalah besar yang harus dihadapi. Sebagai masyarakat kita harus bisa saling bahu-membahu menghadi hal yang sedang membuat negara kita sendiri menjadi tidak kondusif seperti ini. Masyarakat sebagai isi dalam sebuah negara memiliki peran penting untuk ikut menjaga negara nya, salah satu yang dapat kita lakukan adalah mengikuti peraturan-peraturan untuk menghadapi persebaran virus covid-19 ini. Menjadi masyarakat yang hidup disebuah daerah dalam sebuah negara kita sebaiknya mengikuti arahan-arahan yang telah diberikan dari bupati kita yang mana itu juga sebuah arahan yang telah diturunkan dari presiden sebgai kepala negara. Pemerintah daerah memiliki sebuah hak untuk mengatur daerah nya bisa disebut juga otonomi daerah ini adalah sebuah keleluasaan daerah untuk mengurus daerah nya sendiri namun masih dalam pengawasan atau acuan yang telah diberikanoleh pemerintah pusat.
Pemerintah daerah memiliki peran penting untuk melaksanakan sebuah kebijakan bersama masyarakatnya dalam menghadapi pandemi ini. Pemerintah daerah dianggap lebih memahami kondisi yang ada didaerah nya tentunya, karena dalam problematik pandemi ini setiap daerah memiliki perbedaan-perbedaan masalah yang dihadapi. Kesulitan masyarakat di negara Indnesia berbeda setiap daerah nya karena memang gaya hidupnya pun berbeda, jumlah penduduknya pun berbeda bahkan cara bersosialisasinya pun berbeda di setiap daerah yang ada di negara Indonesia. Oleh karena itu pemerintah pusat dari era reformasi telah membuat sebuah peraturan otonomi daerah yang membantu masyarakat nya lebih mudah untuk dipahami oleh pemerintahan daerah. Otonomi daerah ini seharusnya bisa membantu tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia untuk menghadapi pandemi yang sedang berlangsung ini, tidak harus semuanya yang mengurus adalah pusat bukan juga membuat pemerintah daerah lepas tangan akan hal-hal ini melainkan pemerintah daerah dengan hak otonom yang dimiliki bisa membantu pemerintah pusat menemukan titik terang untuk masalah pandemi ini.
Peran sebuah otonomi daerah seharusnya menjadi sebuah kunci keberhasilan negara menghadapi pandemi ini. Pemerintah daerah bisa saja mengeluarkan kebijakan yang sesuai dengan tingkah laku atau profile masyarakat yang ada di daerah tersebut untuk memutus persebaran virus covid-19 ini karena memang hanya pemerintah daerah lah yang lebih memahami masyarakat derah nya itu sendiri. Dengan mengeluarakan kebijakan yang sesuai untuk masyarakatnya membuat masyarakat menjadi lebih percaya lagi terhadap pemerintah daerah karna merasa diperhatikan dan ditolong dalam masalah yang dihadapi bersama ini. Namun kebijakan yang akan dikeluarkan ini tetap harus sesuai dengan arahan pusat karena apa bila melenceng jauh akan dianggap sebuah kesalahan dan dianggap bertindak seenaknya. Pemerintah daerah bisa melakukan hal ini agar masyarakatnya menjadi lebih baik lagi dan lebih kuat untuk bersama-sama mengahdapi pandemi ini. Masyarakat sendiri menjadi peran penting untuk mengikuti kebijakan yang sudah dibuat pemerintah daerah dan sama-sama berjuang untuk melewati pandemi yang terjadi saat ini. (Gutama Fahmi Pradana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *