Peran babinsa Koramil 0816/01 dalam pelatihan Linmas di wilayah binaannya.

oleh -

Detikkasus.com | Sidoarjo. Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Babinsa Kelurahan Pucang Anom Serda M Koim dari Koramil 0816/01 Sidoarjo bersama anggota polsek Kota menyelenggarakan acara pelatihan Linmas dalam rangka pemberdayaan kegiatan pelatihan Linmas di Balai Kelurahan Pucang Anom, Jumat ( 12/4)

Pelatihan dan pemberdayaan Linmas ini dimulai pukul 19.30 WIB yang diikuti oleh 40 orang anggota Linmas. Kegiatan pelatihan ini tidak luput dari pantauan Muspika Kec. Sidoarjo dan Kapolsek Kota Akp Sopyan Sos Sidoarjo.

Linmas merupakan satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pileg dan pilpres yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 ini. Linmas juga bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

Sehari sebelumnya juga Babinsa juga memberikan latihan dasar PBB untuk melatih fisik dan sikap para peserta pelatihan agar tetap sehat dan mempunyai disiplin yang baik sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

Linmas juga mempunyai beberapa fungsi yakni membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

” Peran Linmas dalam Pileg dan Pilpres ini memang sangat diperlukan dalam membantu pihak keamanan dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif” Ujar Serda M Koim ( Nuri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *