Pendamping Desa Menjadi Nara Sumber Bimtek BPD, Sah-sah Saja?

Bengkulu l Detikkasus.com – Bimbingan teknis “Peningkatan Kapasitas” BPD di wilayah Kecamatan Nasal yang dilaksanakan pada hari ini di ikuti oleh Dua Desa yaitu Desa Tanjung Betuah dan Desa Sukutiga.

Bimbingan teknis Peningkatan Kapasitas BPD dilaksanakan selama l Hari Rabu 22/12/2021.

Adapun yang menjadi nara sumber bimbingan teknis ini adalah Pendamping Desa di tingkat Kabupaten salah satu yang menjadi nara sumber ialah pendamping desa tingkat Kabupaten.

Supar sebagai pendamping desa tingkat kabupaten yang menjadi nara sumber bimtek hari ini Rabu 22/12/2021 menjelaskan,pelaksanaan bimtek selama l Hari dan kami sebagai pendamping desa tingkat kabupaten menjadi narasumber bimtek,peningkatan kapasitas saya kira pemahaman saya hal itu sah – sah saja karna tujuan nya jelas,Peningkatan Kapasitas BPD,kita mengacu kepada Permendes Nomor 13 pelaksanaan Bimtek tidak boleh di pihak ketigakan ujar Supar.

Ditambahkan Supar,kemaren – kemaren pelaksanaan bimtek seperti ini ada yang dilaksanakan di Provinsi Lampung sedangkan untuk desa Tanjung Betuah dan Sukutiga dilaksanakan di Desa sama hal nya dengan pelaksanaan bintek di desa Bukit Indah Kecamatan Nasal,hanya saja nara sumber bimtek di Bukit Indah nara sumber nya dari Dinas PMD Kabupaten.

Terpisah,oknum pejabat yang memahami juknis bimtek mengatakan bahwa,pendamping lokal desa atau pendamping tenaga ahli kabupaten tidak boleh masuk dalam kegiatan dana desa,misal,menjadi narasumber bimtek atau sosialisasi yang menggunakan anggaran DD.

Menurut ia,narasumber mengambil dari pendamping desa tingkat kabupaten hal itu sah – sah saja asal tidak ada honor nya,tetapi hal itu tidak mungkin tidak ada honor,bagaimana mereka mau menanda tangani SPj atau kwitansi kegiatan bimtek kalau tidak ada honor tegas nya,menurut tapsiran hal itu tidak boleh diterapkan sebagai pendamping desa tingkat kabupaten menjadi narasumber bimtek/sosialisasi. (Reza)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *