Pemerintah Kabupaten Humbahas bersama USU Launching Pelaksanaan PKM di Dua Kecamatan

Humbahas | Detikkasus.com – Pemerintah Kabupaten Humbahas bersama USU (Universitas Sumatera Utara) launching program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Tematik Mitigasi dan Adaptasi Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Humbahas bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.. Kamis, (4/7-2024)

Dr Oding Affandi selaku koordinator pelaksana PKM menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan di 2 (dua) kecamatan yaitu Kecamatan Baktiraja dan Lintongnihuta, melibatkan 48 dosen dari berbagai lembaga di USU dan berlangsung selama 7 (tujuh) bulan. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat setempat sesuai dengan harapan. Selama pelaksanaan PKM , sangat diharapkan mendapat masukan dan dukungan masyarakat.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara LPPM (Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat) USU dengan Desa Simangulampe Kecamatan Baktiraja tentang program desa binaan LPPM USU 2024. Perjanjian kerjasama itu ditandatangan Ketua LPPM USU Prof Tulus Ph.D dan Kepala Desa Simangulampe Lambok Simanullang.

Hadir dalam launching itu, Kadis Lingkungan Hidup Halomoan Simanullang, Kadis PMDP2A Maradu Napitupulu, Kepala BPBD Benthon Lumbangaol, Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol, Sekcam Lintongnihuta Bahara Hutasoit termasuk dinas terkait dari Pemprovsu.

Bupati Humbahas diwakili Asisten Administrasi Umum Tua Marsatti Marbun mengatakan sangat menyambut baik atas dilaksanakannya launching dan pelaksanaan PKM di wilayah Humbahas. Dikatakan, penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan perwujudan fungsi pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Humbahas sudah melaksanakan beberapa bentuk mitigasi diantaranya sosialisasi pengurangan resiko bencana, penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan melalui pembentukan Destana (Desa Tangguh Bencana), pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana kabupaten termasuk mitigasi struktural pembangunan fisik dalam fungsi pencegahan.

Kolaborasi pemerintah dan stakeholder termasuk USU sangatlah penting mengantisipasi bencana yang terpadu di Kabupaten Humbahas. Dengan launching ini, diharapkan dapat memberikan tambahan respon atau kontribusi sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan program-program pusat dan daerah dalam rangka meningkatkan kualitas penanganan bencana. Pemerintah Kabupaten Humbahas terkhusus di 2 kecamatan yaitu Baktiraja dan Lintongnihuta termasuk OPD terkait agar memberikan dukungan yang baik selama pelaksanaan PKM. (Evendy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *