Pansus III DPRD Trenggalek Minta OPD Dukung PUG

  • Whatsapp

TRENGGALEK I detikkasus.com – Sebagai bagian dari upaya efektivitas percepatan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kabupaten Trenggalek mengelar rapat kerja terkait lanjutan pembahasan tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) di Aula DPRD lantai I, Jumat, (8/10/2021).


Pimpinan sidang dalam rapat Pansus III DPRD Trenggalek Mugianto mengatakan, rapat koordinasi teknis Percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG) ini pihaknya ingin ada anggaran khusus untuk perempuan atau anak disabilitas.”Jadi kita berharap peran turut serta masyarakat untuk saling membantu dan mendukung progam ini,”katanya.

Mugianto menilai, pelaksanaan pengarusutamaan Gender akan tercapai efektif jika dijalankan dan didukung semua stakeholder, bukan hanya pada Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak semata tapi peran masyarakat juga penting.

“Ini tidak bisa hanya dengan kata-kata, tetapi harus terlaksana dan tercermin dalam program kerja setiap OPD. Kedepan harapan saya setiap OPD mengalokasikan serta mensinkronkan program kerja yang seiring sejalan dengan gender dan perlindungan anak,” ungkapnya.

Dicontohkan Mugianto politisi Demokrat ini, bahwa disetiap OPD tentu memiliki Darmawanita Persatuan yang seyogyanya diberdayakan oleh setiap OPD. “Apa yang saya maksud diberdayakan artinya ada fasilitas yang disiapkan di masing- masing kantor OPD,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sudah menjadi kewajiban Pemkab Trenggalek memberikan pelayanan pada setiap komunitas masyarakat yang ada di Trenggalek termasuk dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Kalau program kerja OPD tercermin dengan program yang berpihak kepada gender ataupun perlindungan anak tentu program tersebut akan berhasil terlaksana dengan baik,”pungkasnya.(Adv/Adi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *