Nias Pro Surfing Internasional 2019 Resmi Dibuka Di Nias Selatan

oleh -

Detikkasus.com| Nias Selatan

Dalam Event Surfing Internasional World Surf League (WSL) Qualifying Series (QS) 3000 Nias Pro 2019 yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sail Nias 2019, dibuka dengan resmi di Pantai Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan, Selasa (10/9).
Kejuaraan ini resmi dibuka oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Desa Kementerian PDT Taufik Mazid yang ditandai dengan penabuhan gendang serta penyerahan secara simbolis papan surfing kepada perwakilan atlet yang akan bertanding pada kejuaraan Nias Pro 2019.
Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kejuaraan Surfing Internasional Nias Pro 2019 ini dibuka pada hari ini, 10-15 September 2019 dan berharap agar Panitia menjaga keselamatan para peserta lomba surfing, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Beliau juga menghimbau masyarakat Nias Selatan agar memberikan rasa aman dan kenyamanan para tamu, baik Wisatawan Mancanegara maupun Wisatawan Lokal untuk menikmati keindahan panorama destinasi wisata yang ada di Nias Selatan.
Sambutan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Sumatera Utara H. Baharuddin Siagian mengatakan bahwa, Olahraga dan Pariwisata merupakan dua sisi ilmu yang dapat dipadukan karena memiliki efek dan kekuatan bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Sebagai upaya untuk mengembangkan pariwisata di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Nias Selatan dalam rangka Sail Nias 2019 ini berharap agar Nias Selatan melalui kejuaraan Surfing ini dapat mewujudkan Nias Pintu Gerbang Destinasi Wisata Dunia.
Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Desa Kementerian PDT Taufik Mazid mengatakan, dengan penyelenggaraan Sail Nias 2019 yang dipusatkandi Kabupaten Nias Selatan ini, akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo serta tamu-tamu lainnya, seperti Kementerian, Lembaga dan para Penggiat Wisata lainnya. Melalui Sail Nias 2019 ini, Kita ingin mempromosikan Sumatera, khususnya Kabupaten Nias Selatan sebagai Pintu Gerbang wWsata Dunia, ujar Taufik.
“Oleh karena itu, perlu dukungan dan kerjasama Bupati, Perangkat Daerah dan masyarakat untuk bahu membahu dengan Pemerintah Pusat untuk membuka akses bagi para tamu yang akan datang ke Nias Selatan ini. Kabupaten Nias Selatan mempunyai Bandara Silambo yang mudah-mudahan dapat dikembangkan lebih bagus, tambah Taufik.
Pada Opening Kejuaraan Surfing Nias Pro 2019 ini, dimeriahkan dengan pertunjukan seni tradisional dari Beberapa kontingen peserta Pelantara-9 beserta hiburan lainnya.
Turut hadir Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham Feri Aris, Asisten Deputi Bidang Olahraga Semi Budaya Kemenko Kemaritiman Kosmas Harefa, Manajer WSL Stephen Keith Robertson, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian, SE., M.Tr.Hanla, Kapolres Nias Selatan I Gede Nakti Widhiarta, S.I.K, Dandim Nias Letkol Inf T.P. Lobuan Simbolon, Plt. Sekda Nisel, Para Asisten, OPD, Tokoh Agama, Ketua Tim Penggerak PKK Nias Selatan Ny. Yustina Hilarius Duha dan ratusan masyarakat.

(Supardi Bali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *