Musibah Banjir, Longsor di Mojokerto

oleh -

Hujan Deras Menyebabkan Banjir dan Tanah Longsor di Pacet Mojokerto

Kembali, Longsor Meramba Daerah Kawasan Desa Claket menuju ke arah Kecamatan Trawas.


Mojokerto, Jawa Timur – Derasnya hujan disertai angin kencang mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jumat (7/2/2020).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menerima informasi adanya kejadian bencana alam tanah longsor dan banjir di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menjelaskan, bedasarkan pantauan satelit citra radar BMKG dan SIMONA diwilayah hulu kabupaten Mojokerto telah diguyur hujan intensitas lebat disertai angin yang berhembus cukup kencang sesaat dengan durasi selama kurang lebih 3 – 4 jam, sehingga menyebabkan debit air di beberapa titik sungai meningkat dan menyebabkan luapan air sungai dipemukiman dan dijalan.

“Peningkatan debit air terjadi di Sungai Kromong Pacet yang menyebabkan beberapa pemukiman dan jalan terendam air yang mengalir cukup deras,” ujarnya.

Banjir di Desa Sumberjati kecamatan Jatirejo
Selain itu, lanjut Zaini, terjadi tanah longsor di daerah Claket menuju ke arah Kecamatan Trawas.

“Lonsor di Dusun Mligi Desa Claket Kecamatan Pacet, longosoran berupa material tanah dan bebatuan dengan panjang kurang lebih 15 meter,” jelasnya.

Akibat hujan yang lebat disertai angin yang berhembus cukup kencang, membuat beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto mengalami bencana banjir dan pohon tumbang. Jumat (07/02/2020).

Dalam Pantaan Media Lokasi yang terdampak antara lain: Dusun Mligi Desa Claket Kecamatan Pacet (Longsor) Longosoran berupa material tanah dan bebatuan dengan panjang kurang lebih 15 Meter.

Ponpes Amanatul Ummah Desa Kembang Belor Kecamatan Pacet terjadi banjir hingga masuk ke dalam dapur dan halaman Ponpes. (Untuk Luapan air sudah surut).

Desa Sumberjati Kecamatan Jatirejo Banjir bandang namun tidak membawa material. (Untuk Luapan air sudah surut).

Jalan Gajahmada Kecamatan Mojoasari depan Klenteng ( Pohon Tumbang ) Untuk pohon yang menutupi akses jalan raya sudah berhasil dievakuasi.

Desa Jabon Tegal Kecamatan Pungging banjir luapan. Untuk banjir masih mengenangi pemukiman warga dengan ketinggian air dijalan ± 20 – 30 cm.
Jalan Raya Desa Lebaksono Kecamatan Pungging, pohon tumbang, untuk pohon yang menutupi akses jalan raya sudah berhasil dievakuasi.

Saat ini tim TRC BPBD Kabupaten Mojokerto, bersama potensi Relawan melakukan proses evakuasi pohon beserta material longsoran yang menutupi akses jalan. ( Pria Sakti).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *