Mentan RI, Tinjau Program Food Estate 30.000 Ha Di Humbahas, Sekaligus Salurkan Bantuan 327 Unit Alsintan

oleh -

Detikkasus.com | Sumut – Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo meninjau sekaligus membuka program pertanian super prioritas di kawasan Food Estate, di Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasudutan, Jumat (11 / 9-2020).

Food Estate Hortikultura di Humbahas itu mencakup perencanaan luasan hingga 30 ribu hektar, yang diproyeksikan hingga tahun 2023. Sebagai langkah awal, tahun 2020 ini akan dimulai komoditas hortikultura yang termasuk kentang, bawang merah, dan bawang putih. Kegiatan prioritas itu akan dikembangkan pada percontohan klaster terpadu 1000 hektar di Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Humbahas.

Kunjungan Mentan kali ini dimaksudkan meninjau langsung  lahan food estate seluas 1.000 ha sekaligus mempersiapkan rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo pada Oktober mendatang.

Mentan Syahrul mengatakan pada awak media, “Kita sedang mempersiapkan rencana kunjungan bapak Presiden RI yang direncanakan  Oktober nanti untuk melihat langsung Program 30.000 ha lahan food estate di Humbahas, yang diawali dengan 1.000 ha di Kecamatan Pollung ini.

“Intinya, di Humbahas lah diadakan Program Food Estate pertama kali di Indonesia. Kita mau buat  Humbahas ini terkenal sebagai daerah pertanian yang belum pernah ada di Indonesia yang akkan meningkatkan perekonomian di Sumut juga di Indonesia.” tegasnya.

Diungkapkan Syahrul, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai food estate. Antara lain, lahan, bibit yang bagus, pupuk yang istimewa, mekanisasi, budidaya, hingga pasca panennya.

Demi mendukung program pertanian Food Estate ini, Kementan menyalurkan bantuan alsintan sebanyak 327 unit. Selain itu, terdiri dari Escavator 2 unit, traktor roda empat 25 unit, kultivator 100 unit, pompa air 100 unit dan Handtraktor 100 unit.

Bantuan alsintan tersebut direncanakan akan disampaikan langsung oleh presiden Jokowi yang direncanakan hadir ke Humbahas pada, Oktober 2020 mendatang.

“Program food estate ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pertanian dan ekonomi secara nasional khsusnya di Humbahas. (Evendy.M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *