Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 69 Diadakan Carnaval Budaya dan Lombah Membuat Lobang Singgang

oleh -

DETIKKASUS.COM | Bangkinang Kota, burufakta.com – Carnaval dan lomang Singgang yang menjadi penutup dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 69 tahun 2019 menjadi perhatian dari masyarakat kota Bangkinang dan sekitarnya ini terlihat dari banyak dan antusias masyarakat dalam menyaksikan Carnaval budaya dalam rangka hari jadi Kabupaten Kampar ke 69 tahun 2019 yang di lepas secara resmi oleh Sekda kampar.


Plt Bupati Kampar yang diwakili oleh sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri,  M.Si dalam arahan menyampaikan  ada beberapa rangkaian acara yang sudah kita laksanakan Volley ball,  Kesenian Rakyat,  Permainan Rakyat, Kampar Expo, dan  panjat batang pinang,  dan terkahir Carnaval Budaya dan Lomang singgang,  semua ini alhamdulillah telah berjalan dengan baik.

Dan sekarang kita melaksanak terobosan baru yakni menggelar Lomang singgang atau lomang panggang sebanyak 1500 batang lomang” Kata Sekda saat menutup rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari jadi Kabupaten Kampar ke 69 tahun 2019 yang diadakan di  arena Kampar Expo lapangan merdeka Bangkiang pada hari Selasa, 05/02.

Ditambahkan Yusri adapun untuk esoknya akan diadakan kegiatan Paripurna di DPRD Kampar makan bajambau di Balai adat Kampar maupun makan bersama dengan masyarakat di Gedung Mahligai bungsu, semoga apa yang kita lakukan mendapatkan ridha dari Allah SWT.
Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri, S.Ag, Kakan Kamenag Kampar  Alfian,,  M.Ag, Para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar dan undangan serta ribuan masyarakat yang menyaksikan.

Sebelum ditutup secara resmi rangkaian acara berupa Carnaval Budaya dengan menggunakan becak motor hias dengan miniatur rumah lontiok kampar dan jalan kaki yang diikuti oleh seluruh kepala OPD dan camat se Kabupaten Kampar serta paguyuban dan anak sekolah. Kegiatan berjalan lancar yang dimulai dari taman kota Bangkinang dan finish di Lapangan Merdeka Bangkinang kota.

Sementara itu koordinator Expo Zulia Dharma menyampaikan sebanyak 97 stand yang tampil pada ajang ini dengan kunjungan sebanyak 16.000 orang, masyarakat sangat antusias terhadap penyelenggaraan ini.

Sementara itu koordinator kegiatan pembuatan lomang singgang Nurhasani MM dalam arahan menyampaikan bahwa kegiatan lomang singgang ini diikuti oleh masyarakat se Kabupaten Kampar dengan membuat sebanyak 1500 batang lomang singgang dengan melibatkan 21 Kecamatan se Kabupaten Kampar.
Mungkin saat ini masih kurang banyak,namun untuk tahun depan akan kita tingkatkan lagi.

Dan pada kesempatan tersebut juga diumumkan terbaik dalam penyajian lomang dimana keluar sebagai terbaik satu yakni kecamatan Kampa, Kecamatan Kuok, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kecamatan Kampar dan terbaik lima di raih kecamatan Perhentian raja melalui penilaian dan juri yang berkompeten dan di berikan uang pembinaan.

Kegiatan ditutup dengan pembagian lemang kepada masyarakat yang sangat antusias terhadap diselenggarakannya kegiatan tersebut dan panjat pinang sebanyak 30 batang pinang. (Arifin )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *