Mas Lindra Buka Turnamen Bupati Cup 2022

Detikkasus.com | Tuban – Pemukulan Gong di tengah lapangan voli Gor Rangga Jaya Anoraga Tuban oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, menjadi pertanda dimulainya Bupati Cup tahun 2022, Selasa (17/ 05/2022).

Persembahan karate, seni Tak-Takan hingga Reog Ponorogo ikut memeriahkan pembukaan Bupati Cup. Mas Bupati juga berkesempatan menaiki salah satu reog dan diarak ke tengah lapangan.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Tuban Riyadi, Kapolres Tuban AKBP Darman, Dandim 0811 Tuban Letkol. Inf Syuhada Erwin, Sekda Budi Wiyana, serta pimpinan OPD terkait.

Ada tiga cabang olahraga dipertandingkan dalam event yang sempat absen digelar dua tahun ini yaitu bola voli, sepak takraw, dan bola basket yang akan digelar mulai 17 hingga 21 Mei 2022 mendatang.

Kepada awak media, Mas Bupati menjelaskan, Pemkab akan selalu mewadahi bakat anak muda Kabupaten Tuban di bidang olahraga, salah satunya dengan rutin menggelar event olahraga seperti Bupati Cup dengan memaksimalkan GOR Rangga Jaya Anoraga sebagai pusat kegiatan olahraga masyarakat. Selain itu, dengan adanya Bupati Cup, diharapkan talenta atlet dari desa bisa muncul dan ikut memperkuat prestasi olahraga Kabupaten Tuban baik tingkat provinsi, nasioanl, hingga internasional.

“Ini sebagai bentuk kaderisasi potensi atlet kita, juga memaksimalkan GOR ini menjadi pusat kegiatan olahraga masyarakat,” jelasnya.

Mas Lindra berharap, kedepan event olahraga bisa dilaksanakan tiap bulan. Seperti pelaksanaan Bupati Cup juga akan dilanjutkan di bulan juni mendatang. Secara keseluruhan terdapat 10 cabor termasuk sepakbola di Bupati Cup 2022. “Karena saat ini tempatnya terbatas, maka akan diteruskan Juni mendatang. Sekarang masih tiga cabor dulu,” ungkapnya.

Event olahraga lainnya juga akan dilaksanakan Oktober hingga November mendatang. Lebih dari 24 cabor untuk seluruh tingkatan mulai tingkat SD hingga SMA dan umum. Saat ini, Pemkab Tuban tengah fokus dalam pengembangan olahraga dengan melakukan kaderisasai atlet muda, dan memberikan wadah untuk mereka. Oleh karena itu, perbaikan prasarana terus dilakukan oleh Pemkab Tuban untuk memfasilitasi generasi muda berkegiatan dan berprestasi dibidang olahraga.

“Kami akan terus perbaiki, melengkapi fasilitas yang dibutuhkan, seperti nantinya GOR ini juga akan kami perbaiki agar lebih maksimal penggunaannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Emawan Putra mengatakan, setidaknya 43 tim akan mengikuti pertandingan cabang olahraga bola voli, 47 tim untuk sepak takraw, dan 14 tim untuk bola basket. Seluruh pertandingan akan dipusatkan di GOR Ranggajaya Anoraga. Peserta untuk Bupati Cup tahun 2022 adalah seluruh SMA/SMK sederajat di Kabupaten Tuban.

Emawan mengataan, event olahraga ini sangat membantu Pemkab dalam merekrut atlet baru yang siap di gembleng mengikuti kejuaraan. Ia mengakui, cukup sulit untuk merekrut talenta baru dari desa saat ini. Diharapkan, usai Bupati Cup akan banyak atlet baru bermunculan. “Kami akui cukup sulit menemukan talenta baru, jadi Bupati Cup sangat membantu kita dalam menemukan atlet baru dari desa,” jelentrehnya.

Ia menambahkan, hal tersebut juga menjadi alasan tiga cabor yang dipilih adalah kegemaran seluruh masyarakat dari kota hingga desa. “Di desa kita sudah biasa liat orang main voli, sepak takraw dan basket,” pungkas Emawan.

Pertandingan pertama juga dibuka dengan pertandingan bola voli eksibisi antara Mas Lindra dengan panitia.

Usai pembukaan Bupati Cup 2022, Mas Lindra juga memberangkatkan kontingen Kabupaten Tuban Cabor Basket dan Pencaksilat yang akan mengikuti Pra Porprov 2022 Rabu, 17 Mei besok. Mas Lindra berharap seluruh atlet dapat memberikan hasil yang diharapkan. (Imm/mct)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.