Malam Sakral bagi Mahasiswa PMM UMM di Desa Kloposawit.

oleh -

Detikkasus.com | Indonesia merupakan negara yang kaya. Tidak hanya kaya akan bentangan pulaunya saja namun Indonesia juga kaya akan berbagai macam suku bangsa dan budaya. Budaya-budaya itu lahir secara turun-temurun dari leluhur atau nenek moyang. Masyarakat Indonesia sangat mempercayai kekuatan budaya yang diwariskan dari leluhurnya, terutama masyarakat Pulau Jawa yang masih sangat kental akan kebudayaan Jawa. Orang Jawa menyebutnya dengan istilah “Kejawen”.

Tidak lupa pula dengan mahasiswa yang tergabung dalam PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 32 gelombang 8 yang ikut serta menghadiri undangan selamatan Desa Kloposawit Kec. Candipuro Kab. Lumajang yang dikenal dengan istilah “Barikan”. Barikan ini diadakan satu kali dalam setiap tahunnya. Tujuan dibalik diadakan acara Barikan ini tidak luput dari ucapan rasa terima kasih atas segala sesuatu yang telah Allah berikan. Selain itu dalam acara Barikan ini juga ada doa bersama meminta dan memohon kepada Yang Maha Esa supaya selalu dilindungi, dilancarkan dan diberi kebarokahannya.

 

Dalam acara Barikan inilah mahasiswa PMM UMM dapat melihat langsung bagaimana kehidupan sosial-budaya masyarakat Desa Candipuro yang sangat kompak dan nemiliki rasa syukur yang tinggi atas segala sesuatu yang telah Allah berikan. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang merasa sangat senang diberi kesempatan atas keterlibatannya menjadi bagian dari Desa Kloposawit.

Nilai religius sangat kental dirasakan oleh seluruh warga desa Kloposawit yang hadir di malam itu. Tak lupa pula kebiasaan atau tradisi potong tumpeng yang dilakukan oleh tetua desa sebagai simbolik inti dari acara tersebut. Lalu sebagai penutup acara malam Barikan tersebut dan ucapan rasa terima kasih kelompok mahasiswa yang telah menjadi bagian dari Desa Kloposawit melakukan sesi pengabadian momen yaitu foto bersama sebagai kenang-kenangan yang tidak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *