Mahasiswa ini sediakan tempat sampah dan cuci tangan untuk warga desa meduran

oleh -

Detikkasus.com | Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas. Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan CTPS. Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, tetapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup.
Mahasiswa/i PMM UMM kelompok 32 gelombang 3 menyediakan tempat sampah dan cuci tangan untuk warga Dusun Meduran Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Koordinator pengabdian masyarakat oleh mahasiswa atau yang sering disebut PMM kelompok 32 gelombang 3 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Yean ichbal al arikhi mengatakan bahwa ” Tempat cuci tangan dan tempat sampah tersebut ditempatkan di gang gang rumah warga sebagai bentuk kampanye protokol kesehatan sekaligus dalam hal ini kelompok PMM kami mengajarkan kepada warga sekitar, tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.” Selain meletakkan tempat cuci tangan, warga desa meduran bisa membaca stiker kampanye yang ditempel oleh Mahasiswa yang berisi pesan tentang kesadaran mencuci tangan sebagai bentuk pemutus mata rantai penularan dan penyebaran virus Covid-19.
PMM kelompok 32 gelombang 3 juga memiliki peran untuk membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi sekaligus kampanye ke warga sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan, di dalam kegiatan ini kami mengajarkan cara menggunakan hand sanitizer dan menggunakan masker untuk kepentingan kegiatan sehari hari ,” Karena masih banyak masyarakat yang kurang memiliki kesadaran dalam hal melakukan protokol kesehatan, maka kami selaku kelompok PMM gencar melakukan edukasi pada warga sekitar.” Kami selanjutnya melakukan sosialisasi sekaligus kampanye supaya masyarakat tetap menjalankan kehidupan bersosial dengan mengikuti protokol kesehatan untuk memutus penyebaran virus covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.