Korem 081/DSJ Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI Secara Virtual

  • Whatsapp

MADIUN I detikkasus.com – Tepat hari ini, Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan Hari Jadinya ke-76. Momen peringatan HUT ke-76 TNI kali ini mengambil tema Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang.

Guna memperingati hari yang bersejarah itu, Korem 081/DSJ menggelar upacara peringatan HUT ke-76 TNI secara virtual di Halaman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Selasa (5/10/2021) pagi. Turut serta dalam upacara yang berlangsung tertib dan khidmat tersebut yaitu Forkopimda, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Madiun Raya.

Sedangkan upacara peringatannya secara nasional sendiri diselenggarakan di Istana Merdeka Jakarta. Bertindak sebagai Irup yaitu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam amanatnya, Jokowi menyoroti tentang pentingnya memperkuat pertahanan guna menghadapi berbagai spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber, ancaman biologi, serta bencana alam.

“Transformasi pertahanan TNI yang berkelanjutan harus terus dilakukan untuk meletakkan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini,” kata Presiden RI ke-7 itu.

“Sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global,” tambahnya.

Jokowi juga menekankan, prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat melalui sistem pertahanan rakyat semesta.

Di bidang Alutsista, dia memerintahkan agar TNI terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir, bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global, memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni.

Sementara itu, di momen HUT ke-76 TNI saat ini, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho terus mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat dan tetap bersinergi dalam setiap kegiatan.

Lebih dari itu, Danrem juga berharap ke depannya TNI akan semakin lebih baik lagi. “Semoga TNI semakin maju, profesional dan dicintai rakyat. Sehingga apa yang menjadi tantangan dan tugas negara, menjadi tugas TNI,” katanya ditemui selepas pelaksanaan upacara.(Awr/Ang).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *