Kementerian Perdagangan RI Dan Asparindo Lakukan Penilaian Pasar Terbaik

oleh -

Detikkasus.com | Batusangkar – Kementrian Perdagangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) mengunjungi pasar serikat C Batusangkar, Senin (4/3) melakukan penilaian pasar terbaik, penilaian ini dilakukan di tiga pasar di Sumbar diantaranya pasar Batusangkar, Pasar Ibuh Payakumbuh dan pasar Padang Panjang.

Saat penilaian tersebut turun dari Analis Perdagangan Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan, Miftah Khairudin dan Pre Hartono dari Asparindo didampingi Kepala UPT Pasar Batusangkar Dinas Koperindag Kabupaten Tanah Datar Syafril Cap, Kapala TU UPT Pasar Helendiana Mora, Kabid Perindustrian Koperindag, Wilda Anas beserta jajaran UPT Pasar Batusangkar.

“Di Sumatera Barat Kementerian Perdagangan RI dan Asparindo melakukan penilaian lapangan ke tiga pasar di kabupaten/kota, ini telah masuk pada tahap II, dari usulan penilaian pengelola pasar terbaik ini, pasar Batusangkar Kabupaten Tanah Datar dan pasar Ibuh Payakumbuh masuk pada kategori penilaian pasar ramah lingkungan dan Kota Padang Panjang masuk kategori pasar revitalisasi,” kata Analis Perdagangan, Miftah Khairudin di pasar Batusangkar.

Dikatakan, di Kementrian Perdagangan, agenda penilaian itu merupakan agenda tahunan dan baru pertama kali dilaksanakan, dengan tujuan meningkatkan kualitas dan motifasi para pedagang dan pembenahan pasar. “Kriteria penilaian ada tiga yaitu ramah divabel, ramah lingkungan dan pengelolaan refitalisasi pada pasar yang memperoleh dana pembangunan,” ujarnya.

Untuk pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Maret mendatang, sebanyak 514 kabupaten/kota se Indonesia akan diundang saat pemberian anugerah Pasar Rakyat Award itu nanti yang direncanakan akan dihadiri Presiden Jokowi, kata Pre Hartono dari Asparindo.

Untuk waktu penilaian, pasar Ibuh Payakumbuh dilakukan pada Minggu (3/3), kemudian pasar Batusangkar pada Senin (4/3), setelah di Batusangkar dihari yang sama langsung dilakukan penilaian di pasar Padang panjang…..(Yt/Fm).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *