Kegiatan Pembuatan Stick Tempe Di Dusun Tumpang 1

Malang l Detikkasus.com – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 28 Gelombang 18.

Bentuk kegiatan PMM ini salah satunya adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan pengolahan tempe pada home industri tempe menjadi stick tempe.

Pada Sabtu, 25 Desember 2021 melakukan kegiatan pembuatan stick tempe yang dilakukan di Dusun Tumpang 1, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Dalam proses pembuatan stick tempe, kegiatan ini bekerjasama dengan Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dusun Tumpang 1.

Hal ini merupakan upaya untuk mengedukasi Ibu-Ibu PKK setempat untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kegiatan ini menjadikan sebuah inovasi baru untuk Ibu-Ibu PKK setempat.

Kegiatan ini meliputi pengolahan, pengemasan, dan pemasaran.

Menurut Ibu Yuni pelatihan stick tempe yang dilakukan oleh Mahasiswa UMM ini sangat bermanfaat bagi warga setempat, khususnya bagi Ibu-ibu PKK.

Selama masa pandemi ini UMKM Dusun Tumpang 1 mengalami penurunan penjualan disetiap bulannya.

Stick tempe ini memiliki nilai jual dan memiliki ketahanan yang sangat lama sehingga mampu menjadi makanan yang tidak mudah basi.

Masyarakat di Dusun Tumpang 1 mayoritas adalah pedagang tempe.

Dalam kegiatan PMM ini berinisiatif untuk memberi variasi baru pada pedagang tersebut bahwa tempe tersebut dapat diolah berbagai macam bentuk makanan ringan, salah satunya adalah stick tempe yang menjadi ide dari kelompok kami selama pelaksanaan PMM ini.

Maka dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Tumpang, khususnya Dusun Tumpang 1. (Redaksi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *