Kapolri Tegaskan TNI-Polri Komitmen Beri Rasa Aman Ke Warga Yang Mudik 

Bali | Detikkasus.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa TNI-Polri berkomitmen dalam rangka memberikan rasa aman terhadap warga yang melakukan perjalanan mudik lebaran 2024. 

Sigit memastikan, TNI-Polri dalam keadaan siap untuk menciptakan rasa aman masyarakat dari gangguan kriminalitas selama arus mudik dan balik hari raya idul fitri 1445 H. 

“Terkait potensi kerawanan kriminalitas harus kita antisipasi, saya kira kami dibantu pak panglima. Baik di pusat mau pun jajaran, tentunya mengambil langkah antisipasi terkait kerawanan”. Kata, sigit usai meninjau pelabuhan gilimanuk-ketapang bali kamis 04 april 2024.

Personel TNI-Polri akan diterjunkan di titik-titik pusat arus mudik dan balik lebaran 2024, mulai dari tempat istirahat pemudik, lokasi yang memiliki potensi kerawanan hingga titik arus mudik yang rawan kemacetan serta lokasi lainnya. 

Lebih dalam, sigit mengungkapkan. Pihaknya juga, menyiapkan pos pelayanan dan pengamanan untuk memastikan perjalanan mudik aman dan nyaman. TNI-Polri juga akan melakukan patroli pengamanan baik berjalan kaki, mau pun menggunakan roda dua. 

“Sehingga masyarakat yang mungkin merasakan adanya gangguan masalah keamanan bisa segera lapor, dan juga kita tentunya melaksanakan kegiatan patroli baik jalan kaki, roda dua. Itu untuk memastikan TNI-Polri selalu ada,” ujar sigit. 

Disisi lain, sigit juga mengimbau kepada masyarakat bahwasanya bisa menitipkan kendaraan mau pun melaporkan rumah kosong (rumsong) yang ditinggal mudik kepada aparat berwajib setempat. 

“Bagi masyarakat yang meninggalkan rumah dalam waktu lama, silakan laporkan ke kepolisian terdekat. Koramil, polres. Kodim, termasuk apa bila ingin menitipkan barang berharga. Termasuk rumah yang ditinggalkan untuk menjadi rute patroli bagi anggota kita, sehingga saat ditinggalkan mudik. Dan pada saat kembali semua dalam kondisi bisa terjaga keamanannya,” tutup sigit.

(Wahdi Husri Kordinator Wilayah Aceh/Bid.Humas Polda Aceh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *