Jadikan Museum Sebagai Sumber Berbagai Informasi

Pontianak I Detikkasus.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat dr. Harisson, M. Kes, menghadiri kegiatan Hari Museum Indonesia dan HUT Museum Provinsi Kalbar didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Kalbar Rita Hastarita, S. Sos., M. Si., Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Prov Kalbar di Hotel Ibis, Jalan Ahmad Yani, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan Sepekan Festival Museum ini diharapkan bermanfaat sebagai wadah rekreasi yang mengedukasi bagi masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Museum sangatlah bernilai positif, agar anak-anak, remaja dan para pemuda generasi penerus bangsa dapat menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsanya, serta menjadi manusia yang berkarakter.

Perkembangan dan Perubahan zaman yang sangat cepat di masa sekarang ini tentunya mempengaruhi perkembangan di semua aspek kehidupan, termasuk pengelolaan museum yang memacu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik dan memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih yang tinggi kepada seluruh panitia dan pihak terkait yang telah berpartisipasi hingga terlaksananya kegiatan Sepekan Festival Museum Tahun 2022, semoga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan kebudayaan daerah Kalimantan Barat. Sesuai dengan fungsinya bahwa Museum merupakan “Sebuah Lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. Museum juga merupakan Lembaga yang harus mampu melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, harus mampu mengumpulkan, merawat, meneliti, mengkomunikasikan dan memamerkan warisan budaya, artefak-artefak lingkungannya, yang bersifat kebendaan dan untuk tujuan pengkajian, pendidikan, dan dan rekreasi,” ujar Harisson.

Selain dengan keanekaragaman budaya yang dimiliki perlu disadari betapa pentingnya memupuk kebersamaan dan menjaga persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang memiliki kebhinekaan, keunikan dan keanekaragaman. Salah satunya tercermin pada kebudayaan daerah, yang terwujud dalam bentuk benda budaya dan nilai-nilai luhur yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, yang dapat memperkokoh dan memperkaya khasanah kebudayaan Indonesia.
“Agar masyarakat lebih tertarik dan mempunyai minat tinggi untuk berkunjung ke Museum, diperlukan kegiatan yang melibatkan masyarakat dan generasi muda, di samping menginformasikan warisan budaya, masih banyak budaya lainnya yang harus kita 1lestarikan serta manfaatkan seperti cerita rakyat atau legenda yang diangkat melalui lomba bertutur atau bercerita yang merupakan bagian pelestarian tradisi lisan dari nenek moyang kita hingga sekarang diturunkan secara turun temurun kepada anak-anak, sehingga anak-anak tidak selalu bermain game atau gadget yang sudah menjadi candu di zaman milenial saat ini,” tutup Sekda Kalbar.

(Hadysa Prana)

Sumber : Biro Adpim Setda Prov Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *