Gubernur Sutarmidji Tegaskan Pelayanan Hal Utama bagi Perbankan

Pontianak I Detikkasus.com – Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., meresmikan 5 Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Kalbar yang ditandai dengan penandatanganan Batu Prasasti dari masing – masing Bank tersebut di Gedung Sentra Bisnis Mujahidin Pontianak, Kamis (5/1/2023). Adapun kelima KCP Bank Kalbar tersebut yakni Bank Kalbar KCP Syariah Mujahidin, KCP Jungkat, KCP Anjungan, KCP Roban dan KCP Balai Bekuak.

Mengawali sambutannya, Gubernur mengatakan pada Tahun Anggaran 2022 Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kalbar meningkat lebih dari 700 miliar dibandingkan Tahun Anggaran 2021.

“Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kalbar cukup baik, walaupun inflasi tahun 2022 berada di kisaran 6,3 persen. Ini satu hal yang harus diwaspadai terutama Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Sintang. Namun inflasi di sektor pangan kita (Kalbar) terbilang kecil (1.42%) mudah-mudahan ini bisa dipertahankan,” ungka H. Sutarmidji.

Dirinya berharap seluruh jajaran Bank Kalbar Konvensional maupun Syariah agar mampu bersaing dengan Bank – Bank besar lainnya. Selain mencari profit Bank Kalbar juga mengemban Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Artinya bagaimana mengembangkan ekonomi masyarakat bukan hanya mencari keuntungan tetapi juga memikirkan aspek sosialnya. Bank Kalbar harus menjadi pelopor untuk meningkatkan akses perbankan (akses kredit) agar meningkatkan usaha para nasabah dan terus berkembang,” harap Sutarmidji.

Selain itu, orang nomor satu di kalbar ini meminta kepada para jajaran Bank Kalbar untuk memperhatikan pelayanan. Dirinya menilai, hal ini karena pelayanan merupakan hal penting bagi perbankan.

“Tanpa pelayanan yang baik dan transparansi, tidak mungkin bisa meningkatkan pendapatan, pertumbuhan ekonomi dan sebagainya. Jadi saya harapkan pelayanan menjadi perhatian utama dalam pengelolaan perbankan. Kemudian hal, jangan pernah ada permainan apapun dalam hal analisis kelayakan kredit,” pinta Sutarmidji mengakhiri sambutannya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dana CSR dari Bank Kalbar untuk Pembangunan Masjid An-Na’im kepada Pemerintah Provinsi Kalbar yang diterima oleh Sekda Prov Kalbar dr. Harisson, M.Kes dan Pengurus Masjid An-Naim.

Kegiatan tersebut turut dihadiri beserta beberapa Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalbar, Direktur Utama Bank Kalbar, H. Rokidi, S.E., M.M., beserta Jajarannya hingga Ketua DPRD Provinsi Kalbar, M. Kebing L.

(Hadysa Prana)

Sumber : Biro Adpim Setda Prov Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *