Gubernur Sependapat Tingkatkan Kuota Prajurit AL di Kalbar

Pontianak I Detikkasus.com – Sebanyak 40 Anggota TNI Angkatan Laut tiba di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar Jalan Ahmad Yani, Kamis pagi (6/10/2022). Anggota TNI Angkatan Laut yang terdiri 21 Prajurit berpangkat Tamtama dan 19 Prajurit berpangkat Bintara. Kedatangan para prajurit tersebut dalam rangka mendengarkan Pengarahan langsung dari Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum setelah lulus Pendidikan Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban.

“Saya menerima kunjungan 40 anggota TNI AL dari seleksi Kalbar yang baru lulus Pendidikan. Saya berterima kasih kepada Komandan Lantamal XII Pontianak, setiap tahun penerimaan Bintara dan Tamtama dari Kalbar itu semakin banyak dan mereka menyampaikan bahwa masuk menjadi Prajurit TNI AL tidak ada pungutan dalam bentuk apapun. Saya berharap semakin banyak yang berminat mendaftar, maka bisa semakin banyak kuota untuk Kalbar. Hal ini karena Kalbar sangat membutuhkan banyak tenaga yang betul-betul terlatih untuk menjaga kekayaan alam yang kita miliki,” ujar Sutarmidji.

Di tempat yang sama Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI. Suharto S.H., M.Si., mengutarakan pada pendaftaran gelombang kedua minat menjadi prajurit TNI Angkatan Laut di Provinsi Kalbar cukup tinggi. Seiring dengan Data yang diterima jumlah pendaftaran sekitar 600 orang yang mendaftar dan jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.
“Kita berusaha supaya nanti jumlah yang mendaftar bisa menjadi 1.000 orang, sehingga semakin banyak pendaftar maka semakin banyak kuotanya,” ujar Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI. Suharto S.H., M.Si.

Meskipun demikian, Lantamal XII Pontianak semakin gencar akan mempromosikan kepada masyarakat Kalbar bagi yang berminat menjadi Anggota TNI Angkatan Laut, karena di jajaran Lantamal XII Pontianak masih banyak membutuhkan banyaknya personil anggota TNI Angkatan Laut, seiring dengan peningkatan wilayah kerja di jajaran Lantamal.
“Tantangan kami di Lantamal XII Pontianak untuk memenuhi sampai 100 persen misalnya 1.000, ini dengan bertambahnya 40 orang ini kita sudah sampai 400 personil yang baru untuk seluruh Kalbar masih sangat kurang, apalagi nanti kita mengajukan pembangunan 6 Lanal Sambas, dan 8 Pos Angkatan Laut yang ada sekarang ini akan ditingkatkan dipimpin oleh yang berpangkat Kapten sehingga membutuhkan penambahan personil, kami masih butuh banyak personil. Kami juga membuka diri kepada masyarakat sekarang ini. Kita membuka pelatihan-pelatihan di Pos Angkatan Laut dan Yonmarhanlan Marinir serta Mako Lantamal XII Pontianak dan Satrol. Harapannya setiap ada kesempatan, kita akan memberikan pelatihan kepada mereka-mereka yang mungkin berkesempatan dilatih supaya saat di tes itu sudah siap,” tambahnya.

(Hadysa Prana)

Sumber : Biro Adpim Setda Prov Kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *